03 Agustus 2022

Awas Hati-hati! TG Box APK Penipuan dan Tidak Aman Digunakan

tg box penipuan

Awas hati-hati gaes! baru-baru ini Mimin menemukan ada situs atau aplikasi penghasil uang yang bernama TG Box APK (https://box0168.com), yang mengklaim dapat digunakan untuk menghasilkan uang yang banyak dalam waktu yang cepat.

Apakah TG Box APK penipuan? untuk saat ini cukup mengarah ke arah sana dan termasuk dalam daftar aplikasi scam yang tidak aman, yang nantinya berpotensi tidak membayar penggunanya, dan bisa kebur menghilang sewaktu-waktu.

Sekilas jika diperhatikan dari namanya, TG Box, aplikasi ini cukup mirip dengan aplikasi investasi emas penipuan TG Glod atau TG Gold yang sudah Mimin ulas beberapa waktu yang lalu.

Alasan TG Box Berpotensi Penipuan dan Tidak Aman Digunakan

Berikut ini adalah beberapa alasan dan hasil analisis sederhana terhadap TG Box APK.

  • Umur situs TG Box yang masih seumur jagung.

Situs resmi TG Box yang beralamat di https://box0168.com masih seumur jagung dan baru beberapa hari yang lalu dipublikasikan. Selain itu, pemilik asli atau pendaftar nama domain untuk situs ini juga di private oleh perusahaan yang terletak di negara Hong Kong atau China sana.

  • TG Box bukan aplikasi resmi Google Play Store

Kalau kalian ingin download dan menginstall aplikasi TG Box langsung dari Play Store ataupun AppStore untuk smartphone iPhone, maka aplikasi ini tidak akan kamu temukan disana karena memang tidak tersedia.

Padahal aplikasi Android yang resmi terdaftar di Google Play Store akan lebih terjamin (meskipun tidak 100%) jika dibandingkan dengan aplikasi yang tidak terdaftar di Play Store.

Dan jikapun nanti ada, biasanya hanya sebatas aplikasi TG Box Guide yang berisi panduan saja, sama seperti aplikasi TG Glod yang tidak ada di Play Store dan yang ada hanya sebatas aplikasi TG Glod Guide atau panduannya saja.

Dan salah satu bahaya yang mengintai ketika seseorang menginstall aplikasi Android yang tidak jelas, adalah aplikasi tersebut disusupi malware atau bisa juga virus iklan (adware), atau sejenis spyware yang dapat memata-matai dan mengambil data pribadi tanpa sepengetahuan pengguna. 

  • Pendaftaran TG Box mengharuskan nomor HP dan juga nomor WA (WhatsApp) aktif.

Jika memang TG Box merupakan perusahaan yang jelas, tentu tidaklah mengapa apabila pengguna yang mendaftar menggunakan nomor telepon ataupun nomor WA aktif, akan tetapi untuk sebuah situs atau aplikasi yang tidak jelas, tentu hal tersebut sangat tidak aman dan berbahaya, dan rentan sekali terjadinya penyalahgunakan data.


Siapa pemilik TG Box Asli?

Tidak dapat diketahui karena mereka memang tidak memberikan informasi yang jelas, akan tetapi kemungkinan besar pemilik aslinya berada di negara Tiongkok atau China sana.

Coba kamu simak gambar berikut ini!

pemilik tg box asli

Gambar ini adalah screenshot dari situs TG Box ketika mengeklik menu navigasi "Gabung /  daftar" kemudian "Kebijakan Pribadi" dan kemudian akan tampil halaman "https://box0168.com/m/poster/detail/6" seperti pada gambar diatas.

Dan ternyata gaes, gambar dokumen Kebijakan Pribadi yang sudah dibuat oleh pengelola TG Box tersebut adalah dokumen Kebijakan Pribadi yang super ngaco dan sangat tidak nyambung.

Coba kamu baca gaes! Pada baris-bari awal tertulis sbb:

Respected user: (Pengguna yg terhormat).

Thank you for using the Boball Wallet service. Bobao Wallet (hereinafter referred to as "the service", "service" or "we")

Terima kasih telah menggunakan layanan Boball Wallet. Bobao Wallet (selanjutnya disebut sebagai "layanan", "layanan" atau "kami").

Padahal ini kan aplikasi TG Box, kenapa disebut Boball Wallet atau Bobao Wallet! dan ini sungguh ngaco, karena memang pengelola dari TG Box memang asal-asalan, dan mungkin mereka mengira enggak akan ada yang memperhatikannya.

Kesimpulan

Meskipun belum bisa mengatakan TG Box 100% murni penipuan, tapi menurut Mimin TG Box APK penipuan yang tidak aman, dan juga berpotensi menimbulkan bahaya terjadinya penyalahgunakan data pengguna seperti nomor HP atau nomor WA. 

Tapi semua Mimin kembalikan ke kalian semua gaes, mau tetap daftar TG Box atau tidak, karena Mimin tidak memilik hak untuk melarang kalian. The Choice Is Yours!