Cara Melaporkan SMS Penipuan Ke Telkomsel, Tri, Indosat Dan XL

Cara Melaporkan SMS Penipuan Ke Telkomsel, Tri, Indosat Dan XL

cara-lapor-sms-penipuan-ke-operator
Hingga saat ini, program registrasi nomor prabayar memang sudah bisa dikatakan sudah hampir final, akan tetapi faktanya masih saja sms hadiah penipuan tetap melancarkan aksinya menyebarkan sms spam ke banyak nomor.

Seperti yang juga sudah pernah admin share berbagai modus penipuan yang dilancarkan awalnya melalui sms yang berisi alamat website agar dikunjungi dengan mengaku sebagai perusahaan resmi atau aslinya.


Bahkan, dari beberapa artikel seputar info penipuan tersebut, juga sudah admin buatkan videonya dan dapat ditonton di channel sampingan online di YouTube. Dan yang untuk sekarang ini yang lagi ramai-ramainya adalah penipuan yang mengatasnamakan dari Shopee resmi.

Sebenarnya sudah sejak lama beberapa operator telepon seluler besar seperti Telkomsel, Tri Hutchison, Indosat Ooredoo dan XL Axiata, sudah menyediakan layanan penganduan yang bisa digunakan untuk melapor terkait hal tersebut agar lebih memudahkan untuk segera ditindaklanjuti, akan tetapi kebanyakan memilih untuk membiarkannya saja.

Padahal jika segera dilaporkan, dan semakin banyak orang yang melaporkan, maka akan semakin membuat susah dan mempersempit jalan pelaku penipuan dalam beraksi.

Lantas bagaimana cara melaporkan sms penipuan tersebut..?

Berikut beberapa pilihan cara untuk melaporkannya tergantung dari masing-masing nomor provider yang dipergunakan:

  • Cara melaporkan sms penipuan ke Telkomsel
- Melalui layanan call center (24 jam) dengan menghubungi nomor telepon 188.

Layanan ini dikenakan biaya Rp. 300 jika sudah berhasil terhubung dan berbicara dengan customer service. Meskipun layanan ini berbayar, akan tetapi merupakan cara tercepat untuk memastikan apakah penipuan atau bukan.

- Dengan cara mengirimkan sms pengaduan ke nomor 1166 dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN. (gratis)

- Dengan cara mengirimkan Email ke alamat cs@telkomsel.co.id atau mention melalui facebook.com/telkomsel, atau mention melalui twitter di @telkomsel.

  • Cara Melaporkan SMS Penipuan Ke Tri 
- Melalui WhatsApp 

Foto/screen shot isi pesan yang diduga sebagai penipuan, lalu kirimkan foto/screen shot tersebut melalui WhatsApp ke nomor 089690003911.

- Melalui SMS (gratis)
      
Dengan format, Ketik: LAPOR#<nomor pengirim SMS penipuan>#<isi sms/laporan, Kirim ke 3911.

  • Cara Melaporkan SMS Penipuan Ke XL Axiata
- Dengan cara menelpon ke customer service di nomor  818/817.

Dengan cara mengirimkan sms ke nomor 588 dengan format penulisan: LAPOR#Nomor Pengirim SMS penipuan#isi SMS penipuan.

Cara Melaporkan SMS Penipuan Ke Indosat Ooredoo

-Melalui formulir online di alamat website: https://indosatooredoo.com/id/personal/support/contact-us.

-Melalui sms dengan cara dial ke nomor *123*262#, lalu akan ada balasan "Masukkan nomor yang akan dilaporkan diawali dengan 62,contoh 62857xxxx."

Mengapa yang disebutkan admin hanya untuk operator Telkomsel, Tri, Indosat Ooredoo dan Xl Axiata saja..? karena hingga saat ini, 4 operator tersebutlah yang sering digunakan namanya oleh penipu.

Dengan semakin banyaknya laporan yang ditujukan ke nomor pelaku penipuan, maka akan semakin cepat pula pihak operator dan menindaklanjutinya.

Jadi, ketika ada saudara, teman, tetangga atau siapa saja yang mendapatkan sms penipuan, segera laporkan ke operator masing-masing sesuai dengan nomor yang penipu pergunakan.

Diposting oleh

lowongan kerja wanita usia 45 tahun
Random PostsLainnya...

    0 komentar: