HTTPS Di Blogger Dengan Domain Khusus Kini Sudah Bisa Diaktifkan

HTTPS Di Blogger Dengan Domain Khusus Kini Sudah Bisa Diaktifkan

cara-aktifkan-https-blogger-domain-khusus Memang sudah sejak lama web blog platform kepunyaan raksasa internet Google, Blogger sudah mendukung koneksi aman SSL/HTTPS.

Akan tetapi hal tersebut baru dimulai hanya untuk pengguna yang masih menggunakan nama sub domain gratisan yang sudah disediakan seperti misalnya https://namaanda.blogspot.com. Sedangkan untuk yang sudah menggunakan domain khusus dengan cara membeli sendiri atau yang disebut Top Level Domain (TLD) belum bisa.

Tapi ternyata, pengaktifan dan pengalihan dari http ke https blogger domain khusus sudah bisa dilakukan dengan mudah untuk sekarang ini.


Ah itu sih juga sudah bisa dilakukan dari beberapa bulan yang lalu!, ya memang, dengan memanfaatkan layanan gratis dari Cloudflare. Dan cara ini tergolong agak ribet terutama untuk blogger pemula.

Tapi cara yang bisa pengguna pergunakan saat ini jauh lebih mudah dan tanpa perlu daftar ke situs apapun untuk menggunakan layanan online tambahan lagi karena semua bisa dilakukan hanya dari penganturan Blogger itu sendiri.

Mengutip pada tulisan artikel yang ada di blog berbahasa inggris howtoshout.com setelah saya mengetikan kaca kunci pencarian di Google "make https on blogger tld domain", dan disitu penulis menjelaskannya dengan lengkap tentang bagaimana cara migrasi dari HTTP ke HTTPS.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan dan juga mengalihkan dari HTTP ke HTTPS pada blog blogger dengan domain khusus..?

tutorial-ssl-https-blogger-tanpa-cloudflare
Jika kita masuk ke Dashboard Blogger seperti biasanya, maka tentu saja pilihan pengaktifkan HTTPS nya adalah Disable dan tidak bisa diganti lagi. Dan hanya akan ada peringatan"HTTPS saat ini tidak tersedia untuk blog domain khusus" yang akan nampak seperti pada gambar diatas.

Akan tetapi dengan masuk terlebih dulu ke alamat url "https://draft.blogger.com/", maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:

menu-pengalihan-https-blog
Pilihan Ketersediaan HTTPS dari yang tadinya Disable, kini sudah Enable dan bisa dipilih Ya atau Tidak. Dan untuk pilihan Pengalihan HTTPS nya akan Enable juga setelah fitur HTTPS tersebut sudah anda aktifkan.

Berapa lama proses pengaktifan HTTPS pada blog domain khusus..?

Dari pengalaman kami yang sudah mengaktifkan untuk 3 blog domain khusus kami, dari ketiganya hanya memakan waktu sekitar 5- 6 menitan.

Apakah selama proses tersebut dan sebelum HTTPS aktif, blog akan menjadi error dan tidak bisa dibuka..?

Tidak, meskipun HTTPS belum aktif, blog masih tetap bisa dibuka seperti biasanya dengan tetap menampilkan "http://www.namabloganda.com".

Dan baru kemudian, ketika statusnya sudah aktif, dan juga anda aktifkan juga Pengalihannya, maka setiap kali blog anda dibuka, maka secara otomatis alamat urlnya akan berubah menjadi "https://www.namabloganda.com".

Ya, saya sudah berhasil merubahnya menjadi HTTPS, akan tetapi ikon gambar gembok tidak ada, dan yang ada hanya berupa ikon peringatan..?

Hal tersebut membuktikan bahwa belum semua bagian yang ada di blog anda dapat diakses dengan HTTPS seluruhnya. Jadi, silahkan masuk menu Dashboard Blogger klik Tema, lalu klik Edit HTML. Ganti semua "http://" dengan "https://".

Dan berdasarkan pengalaman kami, meskipun kami belum merubahnya akan tetapi setelah hanya merubah kode HTML yang ada pada tag kolom pencarian Google khusus yang terpasang di blog bisnis online kami ini dari yang tadinya http://www.sampinganonline.com menjadi https://www.sampinganonline.com , ikon gembok kemudian muncul dan bertuliskan "Secure".

Dan hal tersebut berarti bahwa blog tersebut sudah aktif menggunakan versi aman HTTPS yang akan menyandikan data antara web browser pengunjung ke web server pada setiap sesi kunjungan menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security).

Apakah setelah HTTPS aktif blog akan menjadi lebih lama loading nya ketika diakses..?

Untuk website atau blog yang menggunakan server dari layanan hosting yang tidak mumpuni memang iya, karena proses sertifikasi SSL nya yang tidak biasa, akan tetapi pada blog blogger kami rasakan tidak ada bedanya karena menggunakan server yang notabene kepunyaan Google sendiri.

Diposting oleh

lowongan kerja wanita usia 45 tahun
Random PostsLainnya...

    2 komentar:

    avatar

    Makasih infonya, maunanya HTTPS Di Blogger Dengan Domain Khusus ini gratis selamanya apa enggak ya Gan

    avatar

    HTTPS untuk Blogger dengan subdomain bawaan maupun domain khusus akan gratis selamanya gan. Kan memang layanan dari Let'sEncrypt.org yang merupakan penyedia HTTPS atau sertifikat SSL gratis.

    Dan karena Google menjadi salah satu dari sponsor dan juga donatur pentingnya makanya Google mengimplementasikan layanan tersebut di Blogger.