Darimana Seorang Blogger Mendapatkan Uang Dari Internet?

[Iklan Sponsor oleh Google]

cara-blog-menghasilkan-uang
Anda sudah tahu darimana atau cara blogger menghasilkan uang dari internet..? Bagi anda yang mungkin sudah pernah mendengar tentang kisah blogger sukses yang berpenghasilan jutaan bahkan ratusan juta rupiah dalam sebulan, akan membuat hati anda ingin bertanya dari mana sebenarnya mereka mendapatkan uang tersebut karena pekerjaan mereka hanyalah membuat dan menulis di blog saja. Bahkan bagi sebagian orang yang tidak melihatnya secara dekat menganggap seorang blogger hanya kerjanya hanya makan-tidur, makan-tidur dan gulang-guling tapi kok dapet duit.

Lantas darimana sebenarnya blogger mendapatkan penghasilan besar dari internet..?

Sebenarnya ada beberapa sumber atau potensi pendapatan yang bisa diperoleh oleh blogger, seperti memasang dan menampilkan iklan di blog mereka, bergabung di program afiliasi online, dll.

Untuk jaringan periklanan online PPC (pay per click) terbesar yang menjadi dambakan setiap blogger adalah Google Adsense. Meskipun ada puluhan perusahaan lokal yang lainnya dan bahkan mungkin ada ribuan yang lainnya yang ada diseluruh dunia.

Apa yang dimaksud periklanan online PPC..?

PPC atau pay per click adalah jenis iklan yang hanya menghitung pada setiap hasil klik valid yang dilakukan oleh pengunjung. Jadi tidak asal klik saja, karena Google atau perusahaan sejenisnya menggunakan peralatan canggih yang tidak bisa dicurangi yang bisa mengetahui apakah sumber klik tersebut valid atau tidak.

contoh-iklan-google-adsense
Dan contoh seperti apa tampilan iklan dari Google Adsense adalah seperti pada blog sampinganonline.com ini. Coba anda lihat pada gambar diatas, bahwa tepat diatas judul artikel ini, itu adalah iklan Google Adsense.

Selain model iklan PPC masih ada jenis yang lainnya seperti CPM dengan sistem perhitungan bukan dihitung berdasarkan klik akan tetapi hanya berdasarkan tayangan saja. Tapi untuk jenis ini dirasakan sangat mengganggu dan dibenci oleh pengunjung blog atau website karena iklan yang tiba-tiba muncul dan memperlambat loading blog. Dan untuk yang trafiknya paling banyak di Indonesia adalah CPM Mobicow khusus mobile dan CPM Propeller Ads.

Apa yang dimaksud program afiliasi online..?

Program bisnis afiliasi online adalah sebuah proses menjual produk orang lain baik perusahaan maupun pemilik perseoragan, dengan bergabung menjadi pemasar produk tersebut dan kita akan dibayar hanya jika produk tersebut telah benar-benar terjual.

Untuk contoh afiliasi yang mudah untuk diikuti adalah afiliasi Lazada, afiliasi Accestrade, afiliasi Involve Asia, dll. Sedangkan untuk yang paling populer dan terbesar kelas dunia adalah afiliasi Amazon dan Ebay.

Dan selain dari kedua jenis diatas, ada satu lagi yang disebut iklan mandiri. Yakni sejenis iklan yang dipasang dan ditampilkan hasil kerjasama langsung antara pengelola blog dan pengiklan tanpa melalui platform pihak ketiga. Dan ini hanya terjadi pada blog atau website dengan trafik harian yang tinggi.

Besar atau kecil penghasilan suatu blog yang dikelola oleh blogger tergantung dari seberapa ramai pengunjungnya dan juga topik artikel pada blog tersebut.

Bagaimana cara pembayaran yang blogger dapatkan..?

Pada setiap perusahaan yang ada di jaringan periklanan online mempunyai kebijakan pembayaran gaji yang berbeda-beda. Ada yang Transfer Rekening Paypal, Transfer Bank Lokal, Western Union, Cek, dll.

Apakah semua blog bisa dipasang iklan Google Adsense atau program afiliasi lainnya..?

Untuk Google Adsense, sebelum menjadi publisher resminya harus mendaftar dan melalui proses verifikasi terlebih dulu yang bisa dibilang tidak begitu mudah. Akan tetapi asalkan blog tersebut bukanlah blog dengan kategori pornografi, konten ilegal seperti penyedia unduhan file mp3 yang melanggat hak cipta, perjudian, kekerasan dan hacking, blog tersebut masih tetap bisa coba untuk didaftarkan secara gratis.

Jadi intinya, blog bisa mendapatkan penghasilan dari beragam cara, dan asalkan blog tersebut mempunyai jumlah pengunjung harian yang tinggi, maka potensi penghasilannyapun akan semakin tinggi pula. Silahkan baca juga: cara menjadi blogger sukses.

. . . . .

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar