Manfaat Hidup Di Era Digital Yang Diabaikan Banyak Orang

Manfaat Hidup Di Era Digital Yang Diabaikan Banyak Orang

manfaat hidup di era digital
Sudah tidak dapat ditolak dan dipungkiri lagi, bahwa saat ini seluruh umat manusia yang hidup di dunia ini sedang menjalani hidup dalam kemudahan era digital yang begitu amat memudahkan dan bahkan jika boleh saya katakan teramat sangat memanjakan.

Mengapa demikian? karena dengan berbagai fasilitas teknologi yang ada di era digital ini, hampir semua hal-hal penting yang dibutuhkan dalam kehidupan ini bisa dilakukan dengan mudah yang bahkan tanpa perlu keluar dari rumah melaui laptop, smartphone atau tablet yang bisa dikerjakan sambil ngopi atau sambil santai bersama keluarga tercinta dirumah.

Sebagai contoh dari beberapa aktifitas tersebut adalah kirim pesan dan terima surat elektronik (email), jual beli online, transaksi perbankan, kegiatan kursus dan belajar mengajar, booking hotel dan tiket pesawat atau jenis transportasi lainnya, konsultasi dengan tenaga medis, dan lain-lain, dan ini hanya sekedar beberapa contoh yang paling sering kita temukan saja.



Salah satu penopang dan pendorong yang paling pokok dari kehadiran inovasi-inovasi baru yang mengantarkan kita untuk melakukan transformasi ke zaman atau era digital seperti sekarang ini adalah perkembangan teknologi komputer dan jaringan internet. 

Dan hal tersebut kemudian didukung pula dengan cepatnya arus pergerakan dan perkembangan produk-produk gadget yang salah satunya smartphone dan juga dari fasilitas-fasilitas layanan internet yang diberikan oleh para provider telepon seluler.

Terkait inti pokok tulisan artikel ini yang saya tulis dari ayunan jari-jari saya di atas keyboard, saya ingin mengajak kepada setiap orang yang berkesempatan membaca tulisan ini, untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya segala bentuk fasilitas yang ada di era digital ini, dan juga bagaimana cara kita untuk menerapkan setiap layanan tersebut dengan baik dan bijak.

Karena dalam setiap hal positif baik bersifat produk maupun layanan, atau peluang baik, seringkali tersimpan pula peluang negatif yang tidak baik yang harus dihindari dan harus selalu diarahkan ke arah yang positf saja.

Manfaat Hidup Di Era Digital Yang Diabaikan Banyak Orang 

Mungkin sebagian besar dari kita sebenarnya juga sudah pada tahu dan dapat merasakan langsung berbagai manfaat dan keuntungan yang didapatkan dari berbagai layanan yang ada di era digital, akan tetapi kebanyakan hanya menggunakannya untuk hal-hal yang kurang positif dan cenderung hanya membuang waktu saja, padahal sebenarnya masih tersimpan seabrak hal-hal dan peluang positif lainnya yang bisa kita dapatkan.

Dan khusus pada fokus tulisan ini, saya hanya mengajak kepada pembaca untuk hal-hal yang memang lebih banyak diabaikan oleh kebanyakan orang saja, karena memang kebanyakan dari orang tersebut belum mengetahuinya.

Manfaat Era Digital Untuk Menimba Ilmu

cari informasi era digital di google pencarian

Di jagat raya dunia internet saat ini, sudah ada sebanyak belasan juta situs yang terdiri dari website dan blog pribadi yang bisa dijadikan sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan dan informasi. Dari mulai informasi yang paling sederhana, sampai dengan informasi penting terkait agama.

Tapi meskipun begitu, tidak semua dari website atau blog tersebut memuat atau menampilkan informasi-informasi positif, oleh karena itu, kita juga harus jeli dalam melihatnya.

  • Tips Mengambil Informasi Dari Internet
Ketika sudah menemukan artikel yang membahas informasi yang memang sedang kita cari, kita tidak boleh untuk langsung saja menelan informasi tersebut bulat-bulat, akan tetapi perlu juga untuk ditinjau dan dibandingkan dengan sumber informasi yang terpercaya lainnya, terlebih untuk informasi penting seputar masalah kesehatan, kejadian dan isu-isu terkait berita dalam negeri terbaru, dan juga tentang agama.

Karena bisa saja seseorang menuliskan informasi pada website atau blog mereka padahal informasi tersebut belum jelas atau belum tentu kebenarannya, atau ada juga yang memang sengaja menulis untuk tujuan lain yang tidak baik seperti adu domba misalnya. Dan hal ini sangat sering kita temukan di media sosial seperti facebook, whatsapp, instagram, twitter dan lainnya.

Oleh karena itu, khusus untuk informasi-informasi tersebut, bacalah dari sumber website atau blog yang memang sudah terpercaya, sudah lama berdiri, dan jelas penerbit serta pemiliknya, agar setiap isi konten yang ada didalamnya dapat dipertanggungjawabkan.

Manfaat Era Digital Untuk Usaha Atau Kerja Online 

bisnis era digital kerja online

Peluang untuk mendapatkan uang dari internet pada era digital saat ini terbuka lebar bagi siapa saja yang memang ingin menekuninya. Dari mulai yang dengan modal 100 ribuan sampai dengan modal jutaan.

  • Pekerjaan Online Yang Dapat Menghasilkan Uang Dari Internet:
Dari beberapa contoh pekerjaan yang bisa dilakukan di era digital ini, bisa anda pilih dan sesuaikan dengan hal yang paling terkait dan lebih dekat dengan hobi atau minat serta kemampuan anda.

# Menjadi Blogger

blogger era digital dapat uang dari internet

Dengan menjadi seorang blogger yang kerjanya menulis artikel, kita akan mendapatkan bayaran atau penghasilan dari perusahaan periklanan online dan juga program-program afiliasi dimana kita menjualkan produk milik orang lain dari perorangan maupun toko online yang dikelola oleh perusahaan besar seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukakapak, dan lainnya.

  • Cara menjadi blogger bagaimana..?
Yang pertama kita harus mempunyai sebuah blog, dan blog ini ada yang bisa kita dapatkan dengan cara gratis dan ada juga yang hanya bisa didapatkan dengan hanya membeli nama domainnya saja, ada pula blog murni berbayar hasil dari pembelian nama domain sekaligus hostingnya.

  • 3 Tipe Blog Yang Bisa Kita Dapatkan
1. Tipe blog 100% murni gratisan, menggunakan hosting dari Google dengan subdomain akhiran blogspot.com yang tidak bisa diganti.

2. Tipe blog semi gratisan, dengan menggunakan hosting blog gratisan milik Google seperti blogspot atau www.blogger.com dan dengan menggunakan nama domain TLD beli sendiri.

3. Tipe blog 100% murni berbayar hasil pembelian/sewa nama domain sekaligus hostingnya.

Contoh blog yang murni bisa didapatkan secara gratis adalah blog yang memiliki nama domain tidak bisa diganti sepenuhnya sesuai keinginan sendiri seperti "belajar.blogspot.com" yang berakhiran subdomain "blogspot.com", sedangkan contoh blog semi gratis untuk yang hanya membayar nama domainnya saja seperti pada blog "sampinganonline.com".

Dan untuk contoh blog yang 100% murni hasil pembelian atau sewa, baik hosting dan juga nama domainnya adalah seperti blog "bicaraproduk.com", dan blog ini di beli dari salah satu perusahaan hosting murah SSD super cepat terpercaya di Indonesia yang bernama DomaiNesia. Silahkan baca juga: Kelebihan dan Kekurangan DomaiNesia.

Karena kebetulan semua kebutuhan blogging mulai dari bagaimana cara membuat blog juga informasinya bisa didapatkan dengan mudah di website dan blog resmi perusahaan yang menyediakan layanan nama domain dan hosting Indonesia Domainesia ini.

  • Tipe blog terbaik yang mana..?
Semua tergantung pada kebutuhan, akan tetapi berdasarkan pengalaman saya ngeblog, untuk yang baru pertama kali akan belajar sebaiknya pergunakan tipe blog yang nomor 2 terlebih dulu karena cukup dengan modal 100 ribuan saja sudah bisa mempunyai blog dengan nama domain ekstensi (dot) .COM sesuai keinginan sendiri misalnya "www.namasaya.com", atau ekstensi yang lain seperti .NET, .ID, .ONLINE, .INFO, .ASIA, dan masih banyak yang lainnya.

Terlebih untuk saat ini ada promo domain murah yang sedang diadakan oleh DomaiNesia.com yakni harga domain untuk ekstensi .ONLINE hanya Rp. 14.000 saja.

Dan setelah sudah bisa membuat blog semi gratisan dari hosting www.blogger.com dan nama domain dari DomaiNesia, selanjutnya bisa membuat blog atau website yang full 100% berbayar menggunakan layanan dari DomaiNesia.

  • Keuntungan membuat tipe blog yang 100% murni berbayar untuk hosting dan domainnya apa..?
- Hak milik pada setiap konten yang ada didalam blog tersebut adalah 100% atau sepenuhnya milik kita.

- Tidak terikat peraturan pemilik layanan seperti pada blog gratisan blogspot, dimana akan ada peraturan batas maksimal update artikel per hari yang jika tidak ditaati dapat berakibat penghapusan blog secara sepihak karena dianggap melakukan teknik spamming.

- Blog yang murni berbayar bisa menggunakan platform wordpress yang memiliki segudang fitur dari plugin-plugin yang membuatnya lebih mudah untuk di optimasi, dan di atur-atur desain tema nya dan penganturan sistemnya sesuai keinginan sendiri.

# Menjadi Pedagang Online

jualan online era digital

Dengan menjadi pedagang yang menjual produk secara online, maka kita akan membuat sebuah toko online tempat berjualan yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu, karena bisa dibuka selama 24 jam penuh, dan juga bisa di akses dan dikunjungi oleh siapa saja dan darimana saja.

Untuk memulai usaha ini, bisa dimulai dengan pembuatan merk atau brand toko agar dipercaya dulu oleh customer dengan cara membuat website yang benar-benar menggunakan sistem dan pengelolaan yang transparan seperti menampilkan alamat dan izin usaha yang jelas, tidak melakukan privatisasi nama domain website, dan juga bisa mendaftarkan nama akun rekening sesuai dengan nama brand toko tersebut agar customer lebih percaya.

  • Saya ingin membuat toko online tapi saya belum tahu caranya..?
Tenang, karena setiap kebisaan pasti berawal dari ketidakbisaan, hanya saja setiap orang yang merasa masih dalam tahap ketidakbisaan tersebut mau untuk belajar dan selalu merasa untuk ingin tahu agar bisa.

Dan terkait hal tersebut, di website dan blog resmi DomaiNesia juga sudah tersedia banyak artikel yang memuat pembahasan ini, mulai dari cara membuat blog pribadi, hingga blog professional dan juga toko online modern.

Silahkan klik disini untuk langsung mengunjungi website Domainesia dan membaca artikel-artikel blognya untuk mempelajari semua hal yang berkaitan dengan cara membuat website di hosting sendiri dengan mudah.

Diposting oleh

lowongan kerja wanita usia 45 tahun
Random PostsLainnya...

    0 komentar: