Cara Mudah Membuat Blog Untuk Pemula & 100% Gratis

[Iklan Sponsor oleh Google]

tutorial-membuat-blog-terbaru
Mau tahu cara membuat blog..? Silahkan anda baca artikel kami berikut ini. Artikel ini sebenarnya ditujukan untuk pemula yang baru mulai mengenal blog dan ingin membuatnya. Tapi sebelumnya, apa sih sebenarnya blog itu..? Menurut Wikipedia, Blog adalah sebuah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog atau blogger tersebut. Nah seperti itulah arti dan definisi blog.

Apa sih tujuan kebanyakan orang membuat blog atau menjadi blogger..?

Karena memang fungsi blog adalah sebagai sebuah sarana atau media publikasi yang bisa dipergunakan untuk menyalurkan ide dan gagasan sendiri atau catatan dan tulisan-tulisan lainnya yang di muat dalam postingan artikel, maka tujuannyapun berbeda-beda. Ada yang ngeblog untuk sekedar iseng, tapi banyak juga yang mereka jadikan sebagai cara menghasilkan uang dari internet dengan menjadi blogger sukses berpenghasilan besar.

Seperti apa contoh dari sebuah blog itu..?

Yang anda sedang baca sekarang ini, merupakan artikel atau postingan yang ada di blog kerja sampingan online ini (www.sampinganonline.com) yang menggunakan layanan gratis blogspot dari Google.

Maksud gratis disini adalah, kami tidak perlu membayar biaya bulanan maupun tahunan untuk layanan hostingnya.

Tapi meskipun begitu karena kami menggunakan nama domain sendiri yakni www.sampinganonline.com, maka kami membayar untuk nama domain tersebut dengan biaya sekitar $10 dollar per tahun karena kami menggunakan layanan dari perusahaan luar negeri.

Blog untuk pemula yang 100% gratis seperti apa..?

Untuk pemula, kami menyarankan untuk membuat blog menggunakan platform yang seperti sedang saat ini kami pergunakan yakni blogspot.com. Dan anda akan bisa membuat blog secara gratis selama masih tetap menggunakan nama domain bawaan tersebut.

Nama domain blog gratis..?

Ya, nama domain untuk blog platform blogspot yang baru nantinya akan beralamatkan url "namaanda.blogspot.com". Jadi nama belakang atau akhiran subdomain "blogspot.com" tidak bisa anda ganti atau hilangkan.

Membuat blog harus melalui laptop / komputer, atau bisa juga dari HP..?

Kedua jenis dari perangkat tersebut baik komputer PC maupun smartphone kini bisa untuk dipergunakan. Kalau dari komputer menggukan web browser, kalau dari smartphone bisa menggunakan aplikasi blogger mobile dan bisa juga melalui chrome mobile broswer yang sudah mempunyai fitur layaknya chrome versi desktop.

Jika saya ingin mengganti nama domain blogspot.com dikemudian hari apakah masih bisa..?

Jawabannya adalah bisa. Bahkan blog www.sampinganonline.com ini awalnya adalah bekerja-sampingan.blogspot.com, dan karena sekarang sudah di redirect jadi ketika menggunakan domain gratisan tersebut maka akan secara otomatis dialihkan menjadi www.sampinganonline.com.

Jadi, jika dikemudian hari anda ingin mengganti blogspot.com menjadi domain TLD (Top Level Domain) yang sesuai nama yang diinginkan, anda hanya perlu membeli nama domain blog sebagai domain pengganti blogspot tersebut baik menggunakan layanan lokal dalam kurs rupiah dan bisa dibayar menggunakan Bank Trasnfer maupun yang luar negeri dengan kurs dollar dengan pembayaran menggunakan rekening Paypal atau Kartu Kredit. Dan hal tersebut akan kami bahasa pada artikel berikutnya saja.

Di internet sebenarnya adalah 2 platform blog gratisan yang paling populer yakni blogger (blogger.com dengan nama domainnya blogspot.com) dan Wordpress (wordpress.com), tapi pada tutorial atau panduan singkat ini kami hanya akan memberikan contoh untuk blogger.com saja.

Apa saja persiapan untuk membuat blog..?

Perangkat komputer (pc desktop/laptop), smartphone, atau tablet, dan yang pasti koneksi internet agar perangkat tersebut bisa online. Dan yang tak kalah pentingnya lagi adalah ide atau gagasan anda. Topik atau kategori artikel apa yang nantinya anda akan tulis.

Dan untuk topik blog, akan lebih baik memang apapbila dipilih dari awal agar nama domain blog anda sesuai dengan topiknya. Misalkan topiknya tentang HP, nama domainnya tipshp.blogspot.com, seputarhp.blogspot.com dll.

Atau bisa juga anda membuat blog dengan topik campuran atau yang biasa disebut blog gado-gado dengan berbagai macam topik artikel seperti tentang kesehatan, kecantikan, traveling, gadget dan teknologi, keuangan, dan lainnya.

#. Pendaftaran Blog Baru Dengan Email Google (GMail)

Silahkan kunjungi www.blogger.com, lalu mendaftar dengan akun GMail. Dan kami yakin, untuk saat ini 85% orang yang mengunjungi blog ini sudah mempunyai layanan email dari Google tersebut, karena email tersebut memang dibutuhkan untuk menggunakan smartphone Android yang saat ini paling banyak dipergunakan.

buat-blog-blogspot-mudah
Maka akan muncul tanpilan laman seperti paga gambar diatas yang bertuliskan "Publikasikan tulisan anda, sesuai selera". Buat blog yang unik dan menarik mudah dan gratis. Lalu silahkan anda klik Buat blog.

daftar-akun-google-gmail
Silahkan masuk menggunakan akun GMail anda beserta passwordnya.

pilih-template-blog-keren
#. Membuat Nama atau Judul Blog, Alamat URL Blog, Serta Memilih Template Blog

Tuliskan judul (terserah anda atau sesuai dengan topik apa kira-kira yang akan anda tulis), isikan alamat misal: belajarngeblog.blogspot.com atau apa saja tergantung ketersediaan nama subdomain tersebut atau belum pergunakan oleh orang lain. Lalu silahkan pilih template yang secara default sudah disediakan 7 macam oleh Blogger.com.

Untuk template anda tidak usah khawatir karena kapanpun anda masih tetap bisa untuk menggantinya secara keseluruhan ataupun hanya mengedit sedikit-sedikit saja.

Dan jika tutorial dan langkah-langkah diatas telah anda praktekan dan tidak mengalami error, maka anda sudah berhasil membuat blog blogspot sendiri sekarang. Selanjutnya anda tinggal menulis artikel baru dan menerbitkannya agar bisa dibaca oleh semua orang.

. . . . .

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar