18 Juli 2022

Pembayaran Adsense dan YouTube Via Western Union Masih Bisa!

adsense-youtube-western-union

Hingga di tahun 2022 ini, publisher Google Adsense yang berasal dari Indonesia dan mungkin di seluruh dunia masih tetap bisa menerima pembayaran Adsense ataupun YouTube melalui Western Union.

Padahal sudah sejak tahun 2020 yang lalu, sudah dikabarkan bahwa akan dimulai pada awal tahun 2021, publisher tidak akan bisa lagi menerima pembayaran Adsense melalui Western Union atau WU ini.

Padahal kabar tersebut dipublikasikan oleh Google sendiri, yang mana sejak tahun 2020, semua email yang terhubung ke akun Adsense mendapatkan notifikasi bahwa mulai awal tahun 2021 Google akan berhenti mencairkan pembayaran gaji Adsense melalui Western Union.

Jadi di tahun 2022 ini pembayaran adsense dan YouTube via Western Union masih bisa?

Ternyata gaes, hal tersebut masih bisa. dan terbukti hingga saat ini pilihan metode pembayaran menggunakan Western Union masih tersedia di dashboard Google Adsense.

Tapi ingat ya gaes, bahwa akun Google Adsense yang memiliki pilihan metode pembayaran menggunakan Western Union ini adalah akun Adsense US atau Amerika Serikat yang pedapatannya selalu dalam konversi mata uang dollar AS.

Dan akun Google Adsense Dollar AS adalah akun yang mendaftar menjadi publisher Google Adsense sebelum sekitar bulan November tahun 2015. Dengan kata lain, semua aku Adsense yang mendaftar setelah tahun tersebut, semuanya akun Adsense Rupiah IDR.

Mengapa metode pembayaran Western Union dibutuhkan akun Adsense Dollar?

Karena, publisher yang memiliki akun Adsense Dollar akan dibayar dari kurs dollar AS dari kantor Google Asia Pasifik di luar negeri yang berada di Singapura. Nah, jika publisher memilih dibayar menggunakan rekening bank atau bank transfer saja, maka akan dikenakan biaya admin pada proses pencairan gaji Google Adsense tersebut.

Itulah alasan mengapa pemilik akun Adsense Dollar lebih memilih metode pembayaran Western Union daripada Bank Transfer. Karena banyak publisher yang lebih memilih datang ke Kantor Pos atau Pegadaian untuk mencairkan gaji Adsense daripada ditransfer ke rekening Bank yang jumlah hingga sekitar Rp 200 ribuan.

Cara mengetahui akun Adsense saya Dollar atau IDR Rupiah bagaimana?

adsense-dollar-amerika-serikat

Caranya adalah dengan masuk ke dashboard Adsense kemudian klik pada menu Pembayaran atau Payment, dan disitu akan tertera  Adsense Indonesia Dolar Amerika Serikat atau YouTube Indonesia Dolar Amerika Serikat.

Dan yang pasti adalah, jika akun Adsense Anda, Anda buat tahun 2015 kesini, maka berarti akun Adsense Anda adalah akun Adsense Rupiah IDR yang tidak memiliki pilihan metode pembayaran Western Union dan hanya Bank Transfer.

Akan tetapi untuk tipe akun Adsense Rupiah IDR ini, pembayaran Adsense akan ditransfer langsung dari kantor yang ada di Jakarta-Indonesia sehingga tidak dikenakan biaya lagi.

Kesimpulan

Pembayaran atau gaji Adsense, baik Adsense situs ataupun Adsense YouTube, masih bisa dicairkan menggunakan Western Union (WU) bagi pemilik akun Adsense Dollar tanpa dikenakan biaya transfer bank luar negeri dari kantor Google Asia Pasifik di Singapura.