22 Juli 2022

Western Union Adsense YouTube Berhenti September 2022

western-union-adsense-berhenti-september-2022

Baru sehari Mimin menulis artikel bahwa pembayaran Western Union Adsense masih bisa digunakan untuk Adsense dan YouTube, eh sehari kemudian datangnya pemberitahuan dari Google yang memberitahukan bahwa Western Union Adsense dan YouTube akan berhenti mulai bulan September 2022.

Dan ini berarti kali kedua Google Adsense akan menyuntik mati metode pembayaran Western untuk semua publisher Adsense situs dan juga Adsense YouTube.

Perlu diketahui juga bahwa, selama ini Adsense atau YouTube yang masih bisa menggunakan metode pembayaran Western Union adalah jenis atau tipe akun Adsense Indonesia Dolar AS yang dibuat tahun 2015 ke belakang saja.

Western Union Adsense berhenti September 2022 sudah pasti?

Untuk pemberitahuan rencana penghentian yang sekarang sepertinya pasti dan akan benar-benar direalisasikan oleh Google. 

Memang dulu di tahun 2020 Google juga sudah berencana akan menghentikan Western Union sebagai pembayaran Adsense, akan tetapi hingga saat ini faktanya masih bisa digunakan dan baru sekarang Google memberitahukannya lagi dengan jadwal penghentian yang berbeda.

Isi email pemberitahuan Google Adsense terkait penghetian WU

isi-email-google-adsense-WU-berhenti

Western Union akan berhenti mendukung pembayaran AdSense, AdMob, dan Ad Manager

Pelanggan yang terhormat,

Kami mengirim email ini karena saat ini Anda menggunakan Western Union sebagai metode pembayaran. Dengan ini, kami ingin menyampaikan bahwa Western Union akan berhenti mendukung pembayaran AdSense, AdMob, dan Ad Manager di wilayah Asia Pasifik mulai September 2022.

Yang berubah

Mulai September 2022, Anda tidak akan lagi dapat menerima pembayaran AdSense, AdMob, atau Ad Manager melalui Western Union. Untuk menghindari penundaan pembayaran, Google menyarankan agar Anda beralih ke metode pembayaran lain yang tersedia sekarang, sebelum pembayaran melalui Western Union berhenti. Anda dapat terus menerima pembayaran melalui Western Union hingga 31 Agustus. Pembayaran tersebut harus diambil dalam waktu 90 hari sejak tanggal pembayaran.

Perlu diperhatikan bahwa perubahan ini tidak akan memengaruhi penghasilan dari YouTube, yang akan terus dibayarkan melalui Western Union.

Yang perlu dilakukan

Untuk dapat terus menerima pembayaran AdSense, AdMob, dan Ad Manager dari Google, Anda harus login ke akun (Google AdSense, Google AdMob, Google Ad Manager) Anda, lalu memilih metode pembayaran lain untuk diberlakukan mulai September 2022.

Setiap pembayaran via Western Union yang tidak diambil sebelum 29 November 2022, akan dikreditkan kembali ke akun Anda.

Pada Dashboard Adsense juga ternyata dimunculkan notifikasi seperti ini:
notifikasi-adsense-western-union

Kesimpulan:

Untuk Anda pemilik akun Adsense Indonesia Dolar AS, sebaiknya dari sekarang atau selambatnya tanggal-tanggal akhir Agustus 2022, agar pembayaran Anda tidak ditangguhnya oleh Google.

Karena ketika pendapatan Adsense bulan Agustus 2022 Anda sudah memenuhi syarat pembayaran, tapi jika pilihan metode pembayaran utama masih Western Union, maka pembayaran Anda untuk bulan September 2022 akan ditangguhkan, dan akan berdampak Anda akan telat menerima pembayaran Adsense paling cepat 1 bulan kemudian.