Pentingkah Mengaktifkan Proteksi Domain Blog atau Website?

Pentingkah Mengaktifkan Proteksi Domain Blog atau Website?

Fungsi utama dari tindakan proteksi domain adalah untuk menyembunyikan jati diri atau identitas asli pendaftar atau yang membuat nama domain tersebut.

Seperti pada status proteksi domain untuk nama domain blog SampinganOnline.com ini juga aktif "WhoisGuard protection is ON" yang berarti nama dari orang yang melakukan registrasi untuk domain ini tidak dapat diketahui secara umum.

Lalu seberapa pentingkah sebenarnya pemilik sebuah nama domain (situs) untuk memproteksi nya agar identitasnya tidak diketahui khalayak umum..?


Pertanyaan tersebut sebenarnya tergantung pada kondisi dari masing-masing nama domain, karena ada yang memang membutuhkan proteksi domain, dan ada juga yang memang tidak membutuhkan dan memang seharusnya tidak harus mengaktifkannya.

Contoh Nama Domain Dengan Proteksi Domain Aktif

Pada gambar adalah domain sampinganonline.com yang di cek menggunakan layanan dari whois.net dengan hasil identitas asli pemilik dilindungi oleh WhoisGuard Namecheap.

Blog/Website Yang Wajib Mengaktifkan Proteksi Domain

Untuk blog atau website yang kami rasa perlu mengaktifkan proteksi domain adalah blog atau website pribadi yang tidak menyediakan atau menawarkan produk baik fisik maupun layanan digital.

Hal tersebut dimaksudkan agar lebih sulit pemilik dari blog/website tersebut dihinggapi gangguan SPAM yang telah mengetahui alamat email, alamat rumah atau tempat tinggal, serta nomor telepon pemilik nama domain tersebut.

Blog/Website Yang Wajib Untuk Tidak Mengaktifkan Proteksi Domain

Kebalikan dari yang atas, blog/website jenis ini harus tidak mengaktifkan proteksi domain agar lebih meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan, pengguna jasa layanan dari website tersebut.

Contohnya seperti pada website bank, toko online yang menjual produk, atau layanan online di internet lainnya.

Karena apabila ada sebuah website dengan jenis seperti diatas mengaktifkan fitur proteksi domain, maka calon penggunanya akan merasa ragu dan was-was bahwa website tersebut tidak meyakinkan .

Karena hal tersebut biasa dipergunakan oleh para scammer dan penipuan online di internet dengan berbagai modus membuat sebuah website untuk melakukan aksinya.

Dan biasanya, aksi-aksi tersebut adalah website penipuan berkedok investasi, atau program lain seputar cara membuat orang menjadi kaya dari internet.

Biaya pengaktifan Proteksi Domain Blog

Untuk biaya, masing-masing perusahaan penyedia hosting dan layanan mempunyai kebijakan berbeda-beda dalam mematok tarif khusus untuk layanan ini. Ada yang gratis di tahun pertama pembelian, serta ada yang memberikan harga dari 10 ribu hingga 100 ribu per tahun.

Kesimpulan: Harus dan tidaknya atau penting dan tidaknya setiap blog/website untuk mengaktifkan proteksi domain sebenarnya sangat berkaitan erat dengan faktor kebutuhan pada setiap situs itu sendiri.

Diposting oleh

lowongan kerja wanita usia 45 tahun
Random PostsLainnya...

    0 komentar: