Pencurian Uang Nasabah BRI Di Kediri Dengan Teknik Skimming?

Pencurian Uang Nasabah BRI Di Kediri Dengan Teknik Skimming?

teknik-skimming-nasabah-bri-kediri Baru-baru ini di daerah kabupaten Kediri provinsi Jawa Timur telah terjadi kasus uang atm hilang secara misterius. Kejadian ini telah menimpa beberapa nasabah dari Bank BRI Unit Cabang Ngadiluwih seperti yang SampinganOnline lansir dari beritajatim.com.

Menurut penuturan salah seorang nasabah yang telah kehilangan uang tabungan nya, baru menyadari setelah mendapatkan sms pemberitahuan dari Bank BRI bahwa telah melakukan transaksi dengan jumlah total 4 juta rupiah.

Padahal menurutnya, ia tidak melakukan transaksi apapun seperti yang telah di informasikan oleh sistem sms banking BRI tersebut.
Dan karena kejadian hilangnya beberapa uang nasabah tersebut, ternyata membuat puluhan nasabah lainnya merasa takut dan sama-sama mendatangi kantor unit cabang  BRI Ngadiluwih untuk meminta kepada pihak BRI segera melakukan pemblokiran sebagai langkah antisipasi dari kehilangan uang tabungan mereka.

Apa yang menyebabkan uang nasabah di atm salah satu BRI unit cabang di Kediri tersebut..?

Ternyata menurut penjelasan dari pihak BRI unit cabang Ngadiluwih setelah melaporkannya ke kantor BRI pusat, kemungkinan besar diambil dari luar negeri menggunakan metode pencurian atau teknik skimming.

Pencurian teknik skimming ini, merupakan modus yang sudah lama dipergunakan oleh para hacker pelaku kejahatan pembobol bank bukan hanya di Indonesia melainkan diseluruh dunia yang cara kerjanya dimulai dengan memasang skimmer (alat penyadap) di mesin ATM.

Dari alat itulah kemudian pelaku mendapatkan informasi penting nasabah, seperti nomor PIN dan juga data-data yang tersimpan di kartu ATM magnetik  yang sedang dimasukkan tersebut.

Dan menurutnya juga, berdasarkan laporan dan keluhan dari nasabah yang merasa telah kehilangan uang tabungan mereka, ternyata tidak hanya terjadi pada nasabah cabang unit Ngadiluwih, akan tetapi juga terjadi di Kras dan Ringinrejo.

Apakah uang yang telah hilang akan diganti oleh Bank BRI..?

Ya, Bank BRI akan mengganti sejumlah uang yang telah hilang secara misterius tersebut dengan catatan nasabah harus segera melapor dan melakukan pengaduan ke CS Bank BRI untuk menyampaikan nomor rekening serta jumlah nominal uang yang telah hilang.

Bagaimana agar uang tabungan kita tetap aman dan terhindar dari teknik skimming ini..?

Bagi nasabah atau pengguna biasa memang tidak akan pernah tahu bahwa pada mesin ATM yang akan mereka pergunakan telah dipasang alat skimmer atau tidak karena bentuknya yang kecil dan biasanya dimasukkan pada tempat memasukkan kartu.

Untuk keamanan seperti ini, pihak Bank lah yang harus melakukan penyisiran terhadap setiap mesin ATM yang telah dipasang diluar, terlebih yang tidak mendapatkan pengawasan atau dijaga oleh satpam secara 24 jam.

Dan bagi nasabah, harap selalu menutupi papan keypad pada setiap kali sedang mengetikan nomor PIN, karena bisa saja terpasang kamera mata-mata kecil yang tidak terlihat yang bertujuan untuk mendapatkan nomor PIN nasabah.

Karena biasanya, pelaku kejahatan ini akan memasang kamera mata-mata berbarengan dengan skimmer atau alat perekam yang nantinya juga bisa dipergunakan untuk membuat kartu ATM palsu yang akan diperlukan untuk aksi pembobolan.

Diposting oleh

lowongan kerja wanita usia 45 tahun
Random PostsLainnya...

    0 komentar: