joki prakerja 2023

Joki Prakerja 2023 Gigit Jari! Insentif Non Pelatihan Hanya 700K Saja

Diposting pada

Bakalan pada gigi jari pastinya gaes para joki Prakerja 2023, mengapa demikian? karena pemberian insentif non pelatihan pada skema kartu Prakerta 2023 sekarang nominalnya hanya Rp700 ribu saja, tidak seperti skema kartu Prakerja 2022 yang hingga Rp2,5 jutaan.

Jadi dengan insentif tersebut tentunya para joki kartu Prakerja akan merasa komisi pendapatan mereka akan menjadi sangat kecil dan berbeda dengan penghasilan mereka sebelum diberlakukan skema kartu Prakerja 2023.

survey dapat uang . . . . .

Rincian Insentif Kartu Prakerja 2023 dan 2022:

  • Skema kartu Prakerja 2022 (skema bansos): 

Jumlah insentif total adalah Rp3,55 juta per peserta, yang terdiri dari biaya pelatihan Rp1 juta, insentif setelah pelatihan Rp2,4 juta yang diberikan sebanyak empat kali selama empat bulan (Rp600 ribu per bulan), dan insentif survei Rp150 ribu.

  • Skema kartu Prakerja 2023 (skema normal): 

Jumlah insentif adalah Rp4,2 juta per peserta, yang terdiri dari biaya pelatihan Rp3,5 juta, insentif setelah pelatian atau biaya pengganti transportasi dan internet Rp 600 ribu yang diberikan 1 kali, serta insentif pengisian survei sebesar Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Terlihat jelas kan gaes perbedaan skema kartu Prakerja 2023 ini dengan skema tahun 2022 lalu? 

Dan dengan jumlah insentif untuk pelatihan yang menjadi jauh lebih besar, maka tentu saja hal tersebut akan semakin membuat setiap pesertanya berpotensi menjadi semakin pintar dan semakin baik skillnya, karena bisa membayar pelatihan yang lebih berkualitas.

Nasib Joki Prakerja 2023 Bagaimana?

Kemungkinan besar para joki-joki Prakerja ini akan bertaubat dan mencari penghasilan yang lain lagi yang lebih baik, karena dengan menjadi kecilnya insentif komisi yang akan mereka dapatkan, kemungkinan besar para joki-joki ini akan banyak yang kemudian menjadi malas untuk mengerjakannya.

Terlebih lagi tindakan menjadi joki Prakerja ini sebenarnya merupakan sebuah tindakan kejahatan pidana yang bisa dijerat secara hukum.

Dan dampak yang nyata akibat ulah para joki Prakerja ini adalah menjadi tidak tepat sasarannya program kartu Prakerja pemerintah, yang seharusnya membuat setiap pesertanya menjadi memiliki skill atau keahlian yang lebih baik, malah hanya menerima insentif uang yang dibagi 2 dengan para joki.

Hukum Joki Prakerja Dalam Islam Bagaimana?

Berdasarkan hasil pencarian Mimin, untuk sementara Mimin merujuk pada sebuah tesis yang sudah dipublikasikan oleh situs IAIN kediri dengan dokumen Abstraknya seperti berikut ini praktik jasa joki Prakerja hukumnya tidak diperbolehkan, karena dapat merusak tujuan dari program Kartu Prakerja tersebut:

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui praktik jasa joki program Kartu Prakerja dan analisis hukum Islam terhadap praktek jasa joki program Kartu Prakerja (Studi kasus di Dusun Bibis, Desa Baye, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri). 

Penelitian ini menggunakan pendekatan studi empiris dengan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi. 

Data yang diperoleh dari lapangan kemudian dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan atau mendisplay data lalu penarikan kesimpulan yang akan dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data. 

Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik jasa joki program kartu prakerja yang dilakukan masyarakat dengan pemberi jasa (joki) sudah memenuhi rukun namun tidak memenuhi syarat objek ijarah. 

Serta objek akad atau kegiatan yang dilakukan menimbulkan banyak kemafsadatan, antara lain: adanya kecurangan, penipuan, dan rusaknya tujuan dari program kartu prakerja. Maka dilihat dengan menggunakan metode saddu adz-dzari’ah dan juga melihat kepada al-maqashid al-syari’ah dapat disimpulkan bahwa akad sewa jasa seperti ini tidak diperbolehkan.

Data lengkapnya bisa kamu cek langsung disini.

Adakah Joki Prakerja Yang Ditangkap Polisi?

Sejauh ini sepertinya belum ada, karena dalam hal ini pihak Kepolisian Republik Indonesia memang belum menindak tegas terhadap semua pelaku-pelakunya, sembari dari pihak pengelola program kartu Prakerja yang terus memperbaiki sistem program kartu Prakerja yang lebih baik agar menjadi tidak lebih mudah disalahgunakan seperti oleh para joki Prakerja ini.

Kesimpulan:

Skema Prakerja terbaru menjadi lebih baik, yang akan sangat mengurangi dan bahkan menghilangkan 100%  praktik-praktik jasa joki Prakerja 2023 yang hingga tahun 2022 lalu masih banyak terjadi di masyarakat.

Dengan jumlah insentif pelatihan Prakerja 2023 yang hingga Rp3,5 juta ini, tentu saja akan semakin membuat setiap pesertanya memiliki skill yang lebih baik dan memiliki kompetensi yang tinggi dalam dunia kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *