16 Juli 2022

Cara Agar Lolos Seleksi Gelombang Prakerja 2022 Bagaimana?

cara-lolos-gelombang-prakerja

Sudah daftar dan membuat akun Prakerja tapi selalu gagal lolos seleksi gelombang? Bagaimanakah sebenarnya cara agar lolos seleksi gelombang Prakerja? Berikut ini akan coba Mimin ulas sedikit demi sedikit dari mulai penyebab, hingga langkah selanjutnya agar pendaftar kartu Prakerja bisa lolos gelombang.

Karena biar bagaimanapun, bantuan yang berupa saldo dana pelatihan yang bisa digunakan untuk mengikuti pelatihan secara online cukup bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan skill dan keterampilan setiap peserta.

Dari mulai kursus atau pelatihan yang ringan-ringan seperti pelatihan masak, hingga pelatihan kurus bahasa asing, desain grafis dan lainnya, bisa diikuti secara gratis dengan menggunakan saldo Prakerja jika sudah dinyatakan lolos seleksi gelombang.

Penyebab gagal atau tidak lolos seleksi gelombang Prakerja

penyebab-gagal-gelombang-prakerja

Perlu diketahui, bahwa sedikitnya ada 4 penyebab yang paling umum, sekaligus yang menjadi alasan pendaftar Prakerja gagal lolos seleksi gelombang seperti berikut ini:

1. Tidak memenuhi syarat penerima Kartu Prakerja.

Dalam hal ini beberapa persyaratan yang diperlukan bisa saja tidak terpenuhi seperti misalnya batasan umur yang minimal 18 tahun, dan maksimal 64 tahun. Selain itu, ada juga persyaratan bahwa pendaftar Prakerja harus tidak sedang menempuh pendidikan formal.

2. NIK KTP calon peserta terdaftar sebagai penerima bansos lain dari pemerintah pusat.

Ada beberapa bansos atau bantuan sosial yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah, terutama sejak terjadinya pandemi Covid19. Dan jika NIK KTP tersebut sudah tercatat sebagai penerima salah satunya, maka pengguna NIK KTP tersebut tidak dapat mendaftar di Prakerja.

3. Dua NIK dalam satu Kartu Keluarga (KK) sudah terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja.

Aturan ini tidak dapat diganggu gugat, dan jika sudah ada 2 NIK yang mendaftar kartu Prakerja, maka pengguna NIK lainnya tidak boleh mendaftar lagi.

4. Tidak mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar dengan baik.

Tes ini meskipun sepele, tapi tidak boleh tidak dikerjakan sama sekali, jika memang Anda ingin lolos seleksi gelombang.

Lantas, bagaimana cara agar lolos seleksi gelombang Prakerja?

lolos-seleksi-gelombang-prakerja.webp

Jika memang syarat-syarat seperti yang sudah Mimin sebutkan diatas sudah Anda penuhi dan masih tetap saja Anda gagal atau tidak berhasil lolos seleksi gelombang, maka kemungkinan besar memang kuota untuk gelombang tersebut sudah penuh.

Karena berdasarkan hasil dari sesi tanya jawab Mimin dengan Customer Service Prakerja, bahwa saat ini jumlah pendaftar kartu Prakerja memang cukup banyak, akan tetapi kuota untuk setiap gelombangnya sangat terbatas, sehingga pada setiap gelombang akan ada banyak peserta yang gagal atau tidak lolos.

Cara petugas Prakerja menentukan peserta lolos gelombang bagaimana?

Dan Anda sudah tahu belum, bahwa ternyata, yang menentukan atau memilih peserta Prakerja lolos gelombang adalah bukan petugas melainkan sistem yang melakukan secara acak atau random.

Dan setelah sistem memilih, baru kemudian petugas melakukan verifikasi lebih rinci, apakah pendaftar terpilih tersebut sudah benar-benar memenuhi syarat atau belum. Dan jika memang sudah memenuhi syarat, maka peserta tersebut akan lolos seleksi gelombang.

Kesimpulan:

Tidak ada cara ajaib atau cara cepat yang paling ampuh agar peserta Prakerja bisa dengan mudah lolos seleksi Gelombang Prakerja, karena pemilihan peserta dilakukan secara acak atau random oleh sistem.

Dan sudah menjadi keharusan, bahwa pada setiap pembukaan Gelombang Prakerja, pasti akan ada banyak peserta yang gagal atau tidak lolos dikarenakan kuota yang terbatas, sedangkan jumlah peserta terus bertambah dari waktu ke waktu.

Tambahan: Jika memang Anda memenuhi syarat, meskipun Anda gagal atau tidak lolos Gelombang, tetaplah gabung pada Gelombang berikutnya, karena bisa jadi Anda akan terpilih dan dinyatakan lolos Gelombang.

Atau untuk Anda yang sudah gagal sebanyak 3 kali, Anda bisa mengirikan surat pernyataan gagal seleksi gelombang ke alamat resmi Prakerja di alamat: kepesertaan@prakerja.go.id.

INI DIA GAES!!! laughing KERJA ONLINE DIBAYAR money-mouth UNTUK PELAJAR, MAHASISWA, DAN UMUM.

100% GRATIS PENDAFTARAN laughing DAN BISA DIKERJAKAN DARI HP ATAUPUN LAPTOP.

 BACA SELENGKAPNYA >>> 

 

===