youtube shorts matikan link shopee affiliate

YouTube Shorts Matikan Link Shopee Affiliate Per 31 Agustus 2023

Diposting pada

Sebentar lagi akan ada pembunuhan masal yang dilakukan oleh YouTube Shorts terhadap link Shopee affiliate. Wow! benarkah? ya, dan hal tersebut sudah diumumkan sendiri oleh pihak YouTube secara resmi.

Dan jika ini terjadi maka tidak berguna lagi cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts dari affiliate atau program afiliasi.

survey dapat uang . . . . .

Jadi sejak beberapa hari yang lalu, Mimin SampinganOnline yang kebetulan memiliki channel YouTube yang berisi ratusan konten video short mendapatkan pemberitahuan dari YouTube bahwa mulai akhir bulan Agustus 2023, semua link atau url yang ada pada deskripsi video dan juga kolom komentar YouTube Short akan dimatikan.

Dan ketika semua link sudah dimatikan, maka link-link tersebut tidak akan bisa diklik lagi dan menjadi tak lebih dari sekedar teks biasa.

Isi pemberitahuan tersebut seperti beriktu ini:

Mulai 31 Agustus 2023, URL di bagian komentar dan deskripsi video shorts tidak dapat dilik lagi untuk melindungi komunitas YouTube. Perubahan ini akan diluncurkan secara bertahap.

Hanya link Shopee affiliate yang dimatikan YouTube?

Tidak. Perubahan kebijakan terkait link di YouTube Shorts ini berlaku untuk semua jenis link atau URL, entah itu link Shopee affilite, link Lazada affiliate, link TikTok affiliate, ataupun link URL website atau blog artikel biasa.

Namun dikarenakan banyaknya pemilik channel YouTube Shorts yang menggunakan channelnya untuk mempromosikan link Shopee affiliate, maka hal tersebut akan cukup terasa dampaknya langsung bagi para Shopee affiliate termasuk Mimin.

Karena sejak perubahan kebijakan link tidak bisa diklik diterapkan YouTube Shorts, maka sejak saat itu juga setiap pemilik channel atau pemilik video YouTube Shorts tidak bisa lagi mendapatkan uang dari program-program afiliasi yang sebagian besarnya adalah program Shopee affiliate.

Termasuk Mimin, selama ini Mimin membuat channel YouTube Shorts tentang rekomendasi produk dengan tujuan untuk mempromosikan link Shopee affiliate dan link Lazada affiliate, dan mulai tanggal 31 Agustus besok tentu hal tersebut sudah tidak lagi Mimin lakukan.

Mengapa link Shopee Affiliate dimatikan YouTube Shorts

Seperti pada informasi yang diumumkan YouTube, alasan mengapa YouTube mematikan link di deskripsi dan komentar YouTube Shorts adalah demi melindungi komunitas YouTube.

Jika yang dimatikan adalah link pada kolom komentar saja mungkin memang ada benarnya, karena sangat sering pengguna YouTube yang menonton video kemudian berkomentar dan meninggalkan link-link SPAM.

Tapi mengapa link yang ada di deskripsi video juga ikut dimatikan, padahal link yang ada di deskripsi video adalah link buatan si pembuat video sendiri.

Solusi setelah link Shopee affiliate di matikan YouTube Shorts

Solusi ini mungkin bukanlah solusi cemerlang, akan tetapi bisa juga untuk dicoba dan dipraktekkan setidaknya sebagai usaha yang positif.

  • Pindahkan atau reupload semua video Shorts ke platform sejenis seperti ke Shopee Video, TikTok, dan lain-lain, yang masih memperbolehkan link hidup pada deskripsi dan kolom komentar. Dan jangan lupa untuk membuat nama akun sama seperti nama akun di YouTube Shorts kamu.
  • Gabungkan atau edit beberapa video shorts menjadi satu video berdurasi satu menit lebih. Misalnya video shorts tentang bleder, mixer, oven, digabungkan menjadi satu dalam tema seputar alat elektrionik dapur atau rumah tangga.

Penutup:

Meskipun link Shopee affiliate dimatikan di YouTube Shorts, namun kita masih bisa me-reupload atau mengunggah ulang semua konten videonya di Shopee Video, atau mengkombinasikan beberapa video shorts menjadi video berdurasi panjang lebih dari satu menit karena yang dimatikan hanyalah link yang ada pada YouTube Shorts dan bukan YouTube standar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *