27 Juli 2022

Cara Dapat Uang YouTube Shorts Dari Link Afiliasi Tanpa Adsense

dapat-uang-youtube-shorts-link-afiliasi

Mau tahu enggak gaes kalian, cara mendapatkan uang YouTube Shorts bukan dari Adsense tapi melalui link afiliasi? hehe bingung enggak gaes kalian? Tenang gaes, enggak usah bingung, pada kesempatan kali ini Mimin sampingan online akan share tips dan trik dapat uang dari upload video Shorts di YouTube.

YouTube Shorts adalah program resmi YouTube atau Google, dan Adsense adalah platform periklanan online Google yang membayar semua kreator YouTube. Tapi pada judul artikel mengapa dapat uang dari YouTube Short tapi bukan dari Adsense, terus darimana dong boss?!

Penghasilan uang tersebut adalah berasal dari program afiliasi atau affiliate program. Memang saat ini cukup banyak program afiliasi yang ada di internet, tapi pada kesempatan kali ini, Mimin ingin share salah satu program afiliasi terbaik menurut Mimin. Ingat ya! ini terbaik versi Mimin loh.

Cara dapat uang YouTube Shorts tapi bukan dari Adsense

Jadi sudah tahu kan sekarang gaes, yang membayar kita (perhitung per konversi) ketika membuat atau upload video shorts di YouTube adalah perusahaan penyedia program afiliasi yang tidak ada hubungan dengan YouTube ataupun Google.

Lantas bagaimanakah caranya? caranya adalah kalian menyisipkan link afiliasi di deskripsi pada setiap video Shorts yang kalian unggah ke YouTube.

Dan nantinya, ketika ada penonton video kamu yang mengklik link afiliasi tersebut kemudian melakukan pembelian suatu produk (produk apa saja) kamu akan mendapatkan komisi yang nilainya antara 1-10% dari harga produk.

Contoh penyisipan link afiliasi pada video YouTube Shorts

link-afiliaisi-youtube-shorts

Pada screenshot gambar diatas pada text berwarna biru setelah tulisan "Lihat harga promo di Shopee" adalah link afiliasi, yang ketika ada yang mengklik dan kemudian melakukan pembelian, kamu akan mendapatkan komisi sekian persen dari harga produk tersebut.

Jadi kita mempromosikan produk Shopee dong? betul!, tapi tidak hanya produk yang ada di Shopee marketplace saja, melainkan beberapa marketplace besar lainnya seperti Lazada, Blibli, dan lain-lain.

Tapi perlu digarisbawahi ya, bahwa kita tidak bekerjasama langsung dengan Shopee ataupun Lazada, akan tetapi kita bekerjasama dengan perusahaan affiliate platform yang bernama Involve Asia

Dengan kata lain, Invove Asia lah yang menjalin kerjasama dengan Shopee atau marketplace yang lain, dan kemudian kita bekerjasama dengan Involve Asia.

Cara daftar di perusahaan affiliate program untuk mendapatkan link afiliasi

Caranya cukup mudah, asalkan kamu sudah memiliki Channel YouTube ataupun blog. Dan untuk mendaftar, kamu bisa mengunjungi link ini: https://invol.co/clc9399.

Setelah melakukan pendaftaran, Channel YouTube ataupun blog yang sudah kamu daftarkan akan ditinjau terlebih dahulu, dan jika memenuhi syarat, kamu akan diterima dan segera bisa untuk mulai mempromosikan semua produk yang tersedia untuk mendapatkan komisi.

Berapa uang penghasilan dari link afiliasi yang disisipkan pada YouTube Shorts

penghasilan-gaji-youtube-shorts-link-afiliasi.png

Hal tersebut tergantung dari jumlah konversi yang dihasilkan dari video Shorts kamu. Semakin banyak penonton video Shorts yang melakukan pembelian, maka akan semakin banyak pula komisi atau penghasilan uang yang akan kamu dapatkan.

Adakah tips agar penghasilan video Shorts besar setiap bulannya?

Salah satu tipsnya adalah, membuat konten video Shorts dengan tema seputar produk yang akan kamu promosikan. Contohnya begini, misalkan kamu akan mempromosikan alat pemipil jagung, maka kamu juga harus membuat konten video yang berkaitan dengan jagung.

Atau silahkan tonton video Shorts berikut ini yang mempromosikan alat pemipil jagung https://www.youtube.com/shorts/qxXEcqjJG8k , yang sudah menyisipkan link afiliasi pada bagian deskripsinya. Selain disisipkan pada deskripsi, link afiliasi bisa juga ditulis pada kolom komentar kemudian disematkan agar selalu terlihat pada posisi paling atas.

Apakah bonus YouTube Shorts tetap diberikan meskipun menyisipkan link afiliasi?

bonus-youtube-shorts-fund.png

Jika memang performa channel YouTube kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus pendanaan YouTube Shorts, maka bonus tersebut akan tetap diberikan oleh YouTube, karena menyisipkan link afiliasi pada video Shorts bukanlah sebuah pelanggaran.

Tapi jika hanya mengharapkan penghasilan dari YouTube Shorts saja, untuk tahun 2022 ini syarat sebuah channel harus memiliki views belasan juta untuk mendapatkan bonus Shorts $100 dollar keatas.

Dan dengan bergabung di program afiliasi seperti ini, kamu bisa mulai mendapatkan penghasilan meskipun dari sedikit demi sedikit, sambil terus mengembangkan channel YouTube Shorts kamu.

Kesimpulan:

Cara dapat uang YouTube Shorts dari link afiliasi adalah dengan mendaftar dan menyisipkan link afiliasi pada setiap deskripsi video YouTube Shorts. 

Dan ini bisa menjadi sumber penghasilan lain selain dari bonus YouTube Shorts, sambil terus fokus membuat konten video Shorts dan mengembangkan Channel YouTube.