atm setor tunai error

Solusi ATM Setor Tunai Error Uang Masuk Saldo Tidak Bertambah

Diposting pada

Anda sudah memasukkan uang ke dalam mesin ATM setor tunai tapi saldo tidak bertambah?! tenang! jangan panik, karena uang Anda tersebut akan aman berdasarkan pengalaman Mimin yang juga dulu pernah mengalaminya.

Cara setor tunai menggunakan mesin ATM setor tunai sangat membantu setiap nasabah bank terutama untuk mereka yang memiliki keterbatasan waktu dan tidak mau ketika harus berlama-lama mengantri di dalam kantor bank ketika ingin melakukan setor tunai langsung kepada teller.

survey dapat uang . . . . .

Meskipun belum semua bank menyediakan mesin seperti, tapi paling tidak 2 bank terbesar di Indonesia BCA dan BRI sudah cukup banyak menyediakan mesin ATM setor tunai yang bahkan hingga ke daerah pedesaan.

Tapi bagaimana ketika mesin ATM setor tunai yang sedang anda pergunakan secara tiba-tiba rusak atau error? sedangkan uang yang sudah Anda masukkan sudah tersedot semuanya, akan tetapi saldo di rekening tabungan Anda jumlahnya tetap dan tidak bertambah?

Cara Mengatasi ATM Setor Tunai Error

Peristiwa mesin ATM setor tunai yang mengalami error ini sudah pernah Mimin alami sendiri beberapa tahun yang lalu, dan bahkan sudah pernah Mimin tulis di blog Mimin yang lain, akan tetapi karena di tahun 2021 ini blog tersebut akan Mimin hapus sehingga Mimin akan menulis ulang di blog SampinganOnline ini.

Kejadian ini Mimin alami sekitar tahun 2016 di sebuah kantor Bank BRI cabang Buncit Raya daerah Jakarta Selatan, untuk waktunya sekitar jam 7 malam dan status Mimin masih bekerja sebagai seorang kuli aktif kala itu yang harus setiap seminggu atau dua minggu sekali melakukan penyetoran uang tunai ke rekening tabungan Mimin.

Ini kejadiannya pada ATM BRI setor tunai, apakah sama dengan ATM setor tunai BCA, BNI, Mandiri atau bank lainnya? Jawabannya adalah kurang lebih sama.

Pada kejadian mesin ATM yang mengalami error ini, Mimin hendak setor tunai senilai Rp850.000 yang terdiri dari uang pecahan 50 ribuan sebanyak 17 lembar. Padahal seminggu sebelumnya Mimin juga telah melakukan penyetoran uang senilai Rp1.500.000 menggunakan mesin yang sama tanpa adanya error.

Setelah uang masuk dan tersedot ke dalam mesin semuanya, struk bukti setor tunai pun keluar, akan tetapi belum ada juga SMS pemberitahuan yang masuk ke nomor HP Mimin yang memberitahukan bahwa proses setor tunai berhasil dan saldo di rekening Mimin bertambah. Karena selama ini pemberitahuan tersebut selalu datang selang beberapa menit setelah transaksi penyetoran dinyatakan berhasil.

Ketika Mimin memasukkan semua uang lembar Mimin ke dalam mesin ATM, seperti biasa semuanya berjalan dengan lancar dan tanpa ada satu lembar uang Mimin pun yang ditolak oleh mesin tersebut.

Namun keanehan mulai Mimin ketahui ketika setelah struk yang menyatakan berhasil telah keluar, dan Mimin memilih pada option menu untuk tidak melakukan transaksi lainnya tiba-tiba layar pada mesin tersebut seperti mengalami hang.

Bunyi putaran mesin juga terdengar mengeras, dan ini Mimin rasakan sangat tidak biasa karena kartu BRI BriTama Mimin juga lama sekali keluarnya hingga sempat terlintas di pikiran Mimin jangan-jangan sistem pada mesin tersebut memang sedang error dan kartu ATM Mimin akan tertelan di dalamnya dan tidak bisa keluar lagi.

Dan akhirnya, setelah kartu ATM sudah keluar, Mimin langsung meninggalkan tempat tersebut sambil meremas-remas struk dan membuangnya.

Namun setelah beberapa menit berlalu Mimin pun kemudian merasakan hal yang aneh lagi, karena belum mendapatkan sms pemberitahuan masuk ke nomor HP Mimin dari pengirim BankBRI yang berisi pemberitahuan tentang transaksi yang berhasil.

Bahkan setelah Mimin melakukan cek saldo, ternyata jumlahnya pun masih tetap sama dan belum bertambah. Tampa pikir panjang lagi, langsung Mimin menelepon ke Call Center BRI di nomor 021-57-987-400 seperti yang tertera pada kartu BriTama Mimin, yang di tahun 2023 ini nomor Contact BRI menjadi 14017 atau 1500017.

Cara Melapor Setor Tunai di ATM Yang Gagal

cara melapor setor tunai saldo tidak bertambah

Setelah menunggu, mati, dial lagi, dan mati lagi, kemudian dial lagi karena semua customer service sedang melayani nasabah lain, akhirnya diangkat juga oleh salah seorang CS nya.

Setelah Mimin menceritakan kronologi terjadinya uang Mimin yang hingga saat ini belum masuk ke rekening Mimin juga, CS tersebut membuatkan laporan agar segera ditindaklanjuti oleh tim teknisi resmi dari Bank BRI.

Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh CS BRI yang harus saya jawab diantaranya adalah:

  • Tanggal dan waktu saat penyetoran dilakukan
  • Kode transaksi penyetoran (ada pada struk)
  • Terminal code untuk mesin ATM tempat setor
  • Di kota mana cabang bank yang menyediakan mesin ATM setor tunai

Dan karena hal ini juga yang kemudian membuat Mimin harus balik lagi ke bank tersebut untuk menanyakan ke pak satpam yang sedang berjaga dan melihat kode terminal dari mesinnya.

Dan dalam peristiwa ini Mimin tidak bisa menyebutkan kode transaksi yang lainnya karena struk sudah terlanjur Mimin buang.

Kemudian setelah laporan selesai dibuat oleh CS BRI, lalu Mimin disuruh untuk mencatat nomor laporan untuk kasus Mimin untuk mempermudah jika Mimin ingin menghubungi Call BRI kembali.

Akan tetapi Mimin disuruh untuk menunggu antara 1 hingga 10 hari sebelum menghubungi call BRI lagi.

Dan ternyata memang benar, Alhamdulillah.. setelah tepat 10 hari, akhirnya Mimin pun mendapatkan sms pemberitahuan SMS bangking dari pengirim BankBRI yang menyatakan bahwa transaksi kredit tersebut telah berhasil dan saldo Mimin pun sudah bertambah setelah Mimin cek.

Sebelumnya Mimin juga sempat bertanya ke petugas security atau satpam di bank tersebut yang sedang berjaga dengan pertanyaan “Pak, apakah pernah ada kasus mesin ATM setor tunai yang error seperti ini..?” lalu pak satpam menjawab: “Pernah Mas, tapi mas ga perlu kuatir karena duit mas pasti balik lagi, dan ini hanya karena trouble pada jaringannya aja”.

Lalu terlintas juga di logika sederhana saya, bahwa sebenarnya transaksi setor tunai yang sudah Mimin lakukan pada mesin ATM tersebut sudah berhasil karena struk sudah keluar, hanya saja karena kebetulan jaringanya yang memang sedang terganggu maka data transaksi tersebut tidak bisa terkirim ke server pusat bank BRI.

Akan tetapi data transaksi tersebut masih tetap tersimpan pada mesin tersebut. Jadi, harus menunggu dari tim teknisi resmi bank BRI langsung yang membuka dan mengecek secara manual semua data transaksi pada mesin tersebut. Dan ternyata setelah 10 hari akhirnya semuanya dapat teratasi dengan baik.

Penutup:

Jika Anda mengalami kejadian setor tunai di ATM kemudian error, dalam artian uang Anda sudah masuk tapi saldo tidak bertambah, maka Anda tidak perlu khawatir, stay calm dan silahkan urus seperti pada pengalaman yang sudah Mimin paparkan diatas.

4 komentar

  1. Berdasarkan pengalaman saya dulu ketika setor tunai di ATM BRI gagal karena sistem lagi error, pada laporan struk memang menyatakan sudah berhasil.

  2. Saya turut prihatin atas apa yang menimpa Anda. Jika hal tersebut terjadi, Anda harus menghubungi pihak Bank terkait.

    Karena biasanya, dari pihak Bank akan menjanjikan batas maksimal pengembalian dana untuk kasus setor tunai di ATM yang error maksimal 10 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *