Solusi ATM Setor Tunai Error Uang Masuk Saldo Tetap

Solusi ATM Setor Tunai Error Uang Masuk Saldo Tetap

atm setor tunai error dan gagal
gambar: mediakonsumen.com

Cara setor tunai menggunakan mesin ATM setor tunai sangat membantu setiap nasabah bank terutama untuk mereka yang memiliki keterbatasan waktu dan tidak mau ketika harus berlama-lama mengantri di dalam bank ketika ingin melakukan setor tunai langsung kepada teller.

Meskipun belum semua bank menyediakan mesin seperti, tapi paling tidak 2 bank terbesar di Indonesia BCA dan BRI sudah cukup banyak menyediakan mesin ATM setor tunai yang bahkan hingga ke daerah pedesaan.

Tapi bagaimana ketika mesin ATM setor tunai yang sedang anda pergunakan secara tiba-tiba rusak atau error? sedangkan uang yang sudah Anda masukkan sudah tersedot semuanya, akan tetapi saldo di rekening tabungan Anda jumlahnya tetap dan tidak bertambah?

Cara mengatasi ATM Setor Tunai Error

Peristiwa mesin ATM setor tunai yang mengalami error ini sudah pernah admin alami sendiri beberapa tahun yang lalu, dan bahkan sudah pernah admin tulis di blog admin yang lain, akan tetapi karena di tahun 2021 ini blog tersebut akan admin hapus sehingga admin akan menulis ulang di blog Kerja Sampingan Online ini.

Kejadian ini admin alami sekitar tahun 2016 di sebuah kantor Bank BRI cabang Buncit Raya daerah Jakarta Selatan, untuk waktunya sekitar jam 7 malam dan status admin masih bekerja sebagai seorang kuli aktif kala itu yang harus setiap seminggu atau dua minggu sekali melakukan penyetoran uang tunai ke rekening tabungan admin.

Pada kejadian mesin ATM yang mengalami error ini, admin hendak setor tunai senilai Rp 850.000 yang terdiri dari uang pecahan 50 ribuan sebanyak 17 lembar. Padahal seminggu sebelumnya admin juga telah melakukan penyetoran uang senilai Rp 1.500.000 menggunakan mesin yang sama tanpa adanya error.

Setelah uang masuk dan tersedot ke dalam mesin semuanya, struk bukti setor tunai pun keluar, akan tetapi belum ada juga SMS pemberitahuan yang masuk ke nomor HP admin yang memberitahukan bahwa proses setor tunai berhasil dan saldo di rekening admin bertambah. Karena selama ini pemberitahuan tersebut selalu datang selang beberapa menit setelah transaksi penyetoran dinyatakan berhasil.

Ketika admin memasukkan semua uang lembar admin ke dalam mesin ATM, seperti biasa semuanya berjalan dengan lancar dan tanpa ada satu lembar uang admin pun yang ditolak oleh mesin tersebut.

Namun keanehan mulai admin ketahui ketika setelah struk yang menyatakan berhasil telah keluar, dan admin memilih pada option menu untuk tidak melakukan transaksi lainnya tiba-tiba layar pada mesin tersebut seperti mengalami hang.

Bunyi putaran mesin juga terdengar mengeras, dan ini admin rasakan sangat tidak biasa karena kartu BRI BriTama admin juga lama sekali keluarnya hingga sempat terlintas di pikiran admin jangan-jangan sistem pada mesin tersebut memang sedang error dan kartu ATM admin akan tertelan di dalamnya dan tidak bisa keluar lagi.

Dan akhirnya, setelah kartu ATM sudah keluar, admin langsung meninggalkan tempat tersebut sambil meremas-remas struk dan membuangnya.

Namun setelah beberapa menit berlalu admin pun kemudian merasakan hal yang aneh lagi, karena belum mendapatkan sms pemberitahuan masuk ke nomor HP admin dari pengirim BankBRI yang berisi pemberitahuan tentang transaksi yang berhasil.

Bahkan setelah admin melakukan cek saldo, ternyata jumlahnya pun masih tetap sama dan belum bertambah. Tampa pikir panjang lagi, langsung admin menelepon ke BRI Call Center di nomor 021-57-987-400 seperti yang tertera pada kartu BriTama admin

Cara Melapor Setor Tunai Yang Gagal

cara melapor setor tunai gagal

Setelah menunggu, mati, dial lagi, dan mati lagi, kemudian dial lagi karena semua customer service sedang melayani nasabah lain, akhirnya diangkat juga oleh salah seorang CS nya.

Setelah admin menceritakan kronologi terjadinya uang admin yang hingga saat ini belum masuk ke rekening admin juga, CS tersebut membuatkan laporan agar segera ditindaklanjuti oleh tim teknisi resmi dari Bank BRI.

Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh CS BRI yang harus saya jawab diantaranya adalah:

  • Tanggal dan waktu saat penyetoran dilakukan
  • Kode transaksi penyetoran (ada pada struk)
  • Terminal code untuk mesin ATM tempat setor
  • Di kota mana cabang bank yang menyediakan mesin ATM setor tunai


Dan karena hal ini juga yang kemudian membuat admin harus balik lagi ke bank tersebut untuk menanyakan ke pak satpam yang sedang berjaga dan melihat kode terminal dari mesinnya.

Dan dalam peristiwa ini admin tidak bisa menyebutkan kode transaksi yang lainnya karena struk sudah terlanjur admin buang.

Kemudian setelah laporan selesai dibuat oleh CS BRI, lalu admin disuruh untuk mencatat nomor laporan untuk kasus admin untuk mempermudah jika admin ingin menghubungi Call BRI kembali.

Akan tetapi admin disuruh untuk menunggu antara 1 hingga 10 hari sebelum menghubungi call BRI lagi.

Dan ternyata memang benar, Alhamdulillah.. setelah tepat 10 hari, akhirnya admin pun mendapatkan sms pemberitahuan SMS bangking dari pengirim BankBRI yang menyatakan bahwa transaksi kredit tersebut telah berhasil dan saldo admin pun sudah bertambah setelah admin cek.

Sebelumnya admin juga sempat bertanya ke petugas security atau satpam di bank tersebut yang sedang berjaga dengan pertanyaan “Pak, apakah pernah ada kasus mesin ATM setor tunai yang error seperti ini..?” lalu pak satpam menjawab: “Pernah Mas, tapi mas ga perlu kuatir karena duit mas pasti balik lagi, dan ini hanya karena trouble pada jaringannya aja”.

Lalu terlintas juga di logika sederhana saya, bahwa sebenarnya transaksi setor tunai yang sudah admin lakukan pada mesin ATM tersebut sudah berhasil karena struk sudah keluar, hanya saja karena kebetulan jaringanya yang memang sedang terganggu maka data transaksi tersebut tidak bisa terkirim ke server pusat bank BRI.

Akan tetapi data transaksi tersebut masih tetap tersimpan pada mesin tersebut. Jadi, harus menunggu dari tim teknisi resmi bank BRI langsung yang membuka dan mengecek secara manual semua data transaksi pada mesin tersebut. Dan ternyata setelah 10 hari akhirnya semuanya dapat teratasi dengan baik.

Dan menurut admin, permasalahan cara setor tunai di ATM yang error seperti ini akan sama penanganannya baik itu untuk ATM setor tunai BCA, BNI, Mandiri ataupun bank-bank yang lainya.


Posted by

lowongan kerja wanita usia 45 tahun
Random PostsLainnya...

    0 comments: