Bahaya Spyware Pegasus WhatsApp Mata-matai Dan Curi Data

Bahaya Spyware Pegasus WhatsApp Mata-matai Dan Curi Data

bahaya spyware pegasus whatsapp
Anda pengguna aplikasi WhatsApp..? ya kami juga. Tapi tahukah anda kabar terbaru terkait adanya bahaya Spyware Pegasus WhatsApp bagi pengguna di berbagai smartphone yang dapat mencuri data pribadi dan bahkan mematai-matai dengan sangat rinci pada hampir semua aktifitas yang anda lakukan di handphone anda..?

Baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 20 Mei 2019, channel YouTube CNBC Indonesia mengunggah sebuah video yang berjudul "Waspada Whatsapp Disusupi Spyware".

Dan dalam video yang berdurasi sekitar 12 menit tersebut membahas dengan detail akan bahaya spyware yang dapat masuk melalui  aplikasi WhatsApp yang sudah terpasang di berbagai jenis smartphone entah itu ber-OS Android, iOs, Windows Phone atau OS open source Linux buatan Samsung yang bernama Tizen.



Bahaya Spyware Pegasus Bagi Pengguna WhatsApp

Berikut ini beberapa dampak buruk bagi handphone yang sudah terjangkiti atau terserang Spyware ini:

  • Mengaktifasi Mikrofon
Maksud mengaktifasi disini adalah spyware ini bisa secara otomatis mengaktifasi mikrofon pada handphone pengguna tanpa sepengetahuan pengguna.

Dan tentu saja hal ini sangatlah berbahaya karena percakapan yang masuk melalui mikrofon di handphone anda bisa terekam dan dikirimkan ke server pembuat atau orang yang mengoperasikan spyware ini tanpa sepengetahuan anda.

  • Mengaktifkan Kamera
  • Mengetahui Daftar Kontak
  • Melacak Lokasi Pengguna Via GPS
  • Membaca SMS, Email, Riwayat Browsing Pada Internet Browser, dan Mengumpulkan Informasi Penting Lainnya

Siapa Pembuat Spyware Pegasus Ini..?

Spyware ini dikembangkan sebuah perusahaan Cyber Arms Israel yang bernama NSO Group Technologies yang merupakan perusahaan teknologi negara Israel yang berfokus untuk kebutuhan intelijen cyber.

Menurut sumber dari Wikipedia, perusahaan pembuat Spyware Pegasus ini terletak di daerah Herzliya dekat kota Tel Aviv Israel.

Untuk Tujuan Apa Spyware Pegasus Dibuat..?

Pada awalnya, spyware ini hanya diperuntukan dan dijual secara khusus hanya kepada badan atau instansi pemerintah saja seperti badan intelijen negara resmi yang memang memiliki kewenangan untuk melakukan penyadapan dalam rangka memerangi aksi-aksi kriminalitas dan tindak pidana terorisme.

Akan tetapi faktanya berbalik dengan hal tersebut setelah pada bulan Agustus 2016 ditemukannya spyware ini pada perangkat iPhone milik seorang aktivis HAM (Hak Asasi Manusia) dan setelah dilakukan penyelidikan mengungkapkan bahwa spyware Pegasus ini mampu membaca pesan teks, melacak panggilan, mengumpulkan kata sandi, melacak lokasi ponsel, dan mengumpulkan informasi dari aplikasi.

Cara Mengatasi Spyware Pegasus Dari WhatsApp Bagaimana..?

Agar smartphone anda aman dari serangan software mata-mata Pegasus yang dapat masuk melalu celah keamanan aplikasi WhatsApp ini, anda harus memastikan selalu update WhatsApp atau menggunakan versi WhatsApp yang terbaru.

Dan hal tersebut juga yang sangat direkomendasi oleh BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) dan juga developer WhatsApp sendiri.

Berikut cara mudah untuk mengetahui apakah anda sedang menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru atau bukan:

Buka Google Play Store untuk smartphone Android atau App Store untuk iOs dan cari aplikasi WhatsApp Messenger, jika yang muncul  adalah pilihan "UNINSTALL" dan "UPDATE", maka anda perlu untuk klik update.

Namun jika pilihan yang muncul adalah "UNINSTALL" dan "OPEN", hal tersebut berarti anda saat ini sudah menggunakan aplikasi WhatsApp versi tersebut yang sudah memiliki perbaikan keamanan terbaru dari perusahaan pengembang WhatsApp.

Atau bisa juga anda buka aplikasi WhatsApps tap pada menu "Settings" kemudian "Help" dan "App Info".

Namun cara yang paling efektif dan cepat untuk melakukan update WhatsApp adalah seperti pada cara yang pertama diatas tadi. Karena untuk acuan versi juga tergantung pada berdasarkan versi Android perangkat, seperti Android 5 Lollipop, Android 6 Marshmallow, Android 7 Nougat, Android 8 Oreo dan seterusnya.


Sumber referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=JkWz6TNrYKk
https://en.wikipedia.org/wiki/Pegasus_(spyware)

Diposting oleh

lowongan kerja wanita usia 45 tahun
Random PostsLainnya...

    0 komentar: