Verifikasi NewSaku Dengan NIK KTP, Apakah Ini Berbahaya?

Verifikasi NewSaku Dengan NIK KTP, Apakah Ini Berbahaya?

Kamu pengguna aplikasi baca berita NewSaku atau Berita Menarik? awas berhati-hatilah karena baru-baru ini admin temukan kejadian bahwa ternyata aplikasi ini meminta NIK KTP pengguna dengan alasan untuk verifikasi identitas agar dapat menggunakan fitur penukaran dan jual beli UVT.

Aplikasi NewSaku sendiri sebenarnya merupakan nama baru dari aplikasi Berita Menarik untuk pembaruan versi terbaru yakni versi V.2.2.5.

Dari update atau pembaruan tersebut, akun pengguna akan secara otomatis langsung log in dan terhubung ke versi terbaru yang dinamakan NewSaku yang diklaim mempunyai perbaikan pada penambahan fitur transaksi dan kesempatan mendapatkan hadiah yang lebih banyak, serta menyempurnakan fitur verifikasi dan perbaikan beberapa bug lainnya.



Dan ternyata, maksud dari penyempurnaan fitur verifikasi tersebut adalah verifikasi user yang harus dilakukan menggunakan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) KTP.

Dan apabila status pengguna NewSaku masih unverified atau belum melakukan verifikasi maka pengguna tersebut tidak dapat menggunakan fitur penukaran atau jual beli UVT.

Bahaya Verifikasi NewSaku Menggunakan NIK KTP 


Sudah sejak awal mula adanya pengembangan e-KTP atau KTP Eletronik, banyak pihak yang sebenarnya sudah sangat menghimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dan tidak mudah memberitahukan informasi NIK KTP kepada orang atau pihak lain.

Karena hal tersebut bisa saja disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab demi kepentingan dan tujuan yang tidak baik.

Jika memberikan NIK KTP kepada operator besar yang terpercaya saja terkadang masih kurang diragukan keamanannya karena bisa saja terjadinya potensi kebocoran data, apalagi ini kepada aplikasi NewSaku yang tidak jelas pembuatnya.

Dan dari informasi yang admin dapatkan pengembang aplikasi NewSaku ini adalah berasal dari negara Cina atau Tiongkok.

Oleh karena itu, lebih baik jangan mau untuk verifikasi identitas di aplikasi NewSaku menggunakan NIK KTP karena informasi NIK KTP tidak boleh diberitahukan secara sembarangan.

Terlebih lagi, saat ini NewSaku sudah mulai mengarah menjadi aplikasi scam yang tidak membayar pengguna dengan alasan pengguna telah melakukan kecurangan.

Dan hal tersebut banyak diutarakan oleh pengguna NewSaku melalui kolom komentar Google Play Store di link ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.newsaku.bc&showAllReviews=true.

Kesimpulannya: Jangan bagikan informasi NIK KTP kamu kepada NewSaku karena aplikasi ini tidak jelas siapa pengembangnya.

Diposting oleh

lowongan kerja wanita usia 45 tahun
Random PostsLainnya...

    0 komentar: