Penyebab Fenomena Ponsel Gaib Di Lazada Saat Flash Sale

Penyebab Fenomena Ponsel Gaib Di Lazada Saat Flash Sale

penyebab-ponsel-gaib-lazada
Saat ini memang sedang cukup ramai dibicarakan tentang "ponsel gaib" yang dijual oleh situs penjualan online Lazada. Maksud ponsel gaib disini bukanlah ponsel gaib yang dijual untuk jin atau atau mahluk gaib, akan tetapi karena saking begitu cepatnya di order oleh pembeli dan ludes terjual.

Jadi istilah ponsel gaib adalah HP yang di dijual di Lazada yang biasanya ketika dalam promo jual cepat atau "flash sale" akan tetapi langsung habis hanya dalam hitungan detik saja. Dan istilah ponsel gaib ini, saat ini identik untuk brand Xiaomi yang dijual di Lazada.

Karena hal itulah yang membuat online shoppers menjadi heran dan berasumsi bahwa unit yang dijual memang sengaja dibatasi dengan hanya jumlah yang sangat sedikit. Baca juga: Cara Daftar Afiliasi Lazada.

Padahal, seperti yang admin kutip dari situs Kompas Tekno, pihak Lazada menyatakan bahwa dalam setiap diadakannya program promo flash sale, pihaknya selalu menyediakan unit produk yang cukup banyak dan tidak pernah melakukan pembatasan seperti misalnya hanya puluhan atau ratusan unit saja.

Adapun untuk jumlah angka tepatnya, berbeda-beda dan sangat tergantung dari kesepakatan masing-masing vendor sebelum program flash sale di gelar.

Lalu apa yang menyebabkan penjualan smartphone di flash sale Lazada terkadang cepat habis hanya dalam hitungan detik saja sehingga dikatakan ponsel gaib..?

Menurut penuturan Achmad yang saat ini menjabat sebagai Chief Marketing Officer di Lazada, ia menduga bahwa yang menyebabkan hal tersebut adalah adanya tengkulak yang dengan sengaja membeli secara borongan dalam jumlah banyak.

Maksud dari tengkulak tersebut adalah para penjual online yang memborong dengan tujuan memang untuk dijual lagi nantinya.

Meskipun ia juga mengatakan, bahwa pihak Lazada memang belum dapat memastikan aksi-aksi seperti itu masih terjadi atau tidak, yang jelas pihak Lazada sudah menerapkan algoritma khusus (algoritma anti-reseller) untuk mencegah skema pemborongan barang yang dilakukan oleh pihak seperti reseller.

Apa kegunaan dari algoritma anti-reseller Lazada ini..?

Dengan pemograman algoritma ini Lazada dapat mengetahui apakah pembeli tersebut melakukan pembelian borongan atau tidak, karena algoritma ini bisa melacak pembelian yang dilakukan oleh orang yang sama meskipun menggunakan akun berbeda dengan cara melihat apakah alamat pengirimannya sama atau tidak.

Dan apabila ternyata alamat pengirimannya sama, maka Lazada akan membatalkan pemesanan barang tersebut secara sepihak karena tujuan penjual dalam flash sale adalah untuk konsumen akhir dan bukan untuk pedagang.

Diposting oleh

lowongan kerja wanita usia 45 tahun
Random PostsLainnya...

    0 komentar: