29 Juli 2022

Kerja Online Jadi Tester Website atau App Dibayar Mahal Uang Dollar

kerja online jadi tester website atau app

Mau kerja online yang bisa dikerjakan dari dalam rumah gaes? ini dia salah satunya gaes. Pekerjaan ini adalah dengan menjadi tester website atau App (aplikasi mobile ataupun software PC). Seperti namanya tester, berarti cara kerjanya adalah mencoba atau mengetes atau ngetes website atau App.

Bayaran yang bisa didapatkan dari pekerjaan online ini mulai dari 10 cent sampai dengan $120 per tes atau hanya untuk sekali ngetes saja. Enggak percaya? tapi ini beneran loh!

Adapun perangkat yang bisa digunakan untuk pekerjaan ini adalah smartphone (bisa Android ataupun iPhone), dan juga komputer PC ataupun laptop. Dan akan lebih bagus jika memiliki keduanya, meskipun memiliki salah satunya saja juga boleh.

Kerja online jadi tester website atau App apa maksudnya?

review website atau app dibayar dollar

Kerja online jadi tester adalah, Anda akan dibayar setelah Anda mengetes website atau aplikasi mobile App ataupun software komputer.

Contohnya begini, Ada sebuah perusahaan yang menyediakan jasa kursus bahasa inggris online, dan baru saja membuat sebuah website, kemudian tester (orang yang mengetes) akan disuruh untuk membuka dan mengunjungi website tersebut melalui aplikasi perekam atau recorder khusus.

Kemudian pihak perusahaan akan menanyakan kesan, opini atau pendapat tester dan juga pengalaman secara keseluruhan terkait website tersebut, dari mulai apakah navigasi website membingungkan atau mudah, warna dan desain website terlihat cocok atau tidak, informasi yang terdapat di website tersebut jelas atau tidak, dan lain-lain.

Pada sesi tersebut, tester harus menjawab melalui webcam atau camera, oleh karena itu, sebelum memulai testing, microphone tester dan juga kamera akan dicek terlebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan, agar dapat segera melakukan revisi atau perbaikan pada website tersebut jika memang dari sekian banyak tester menyatakan bahwa website tersebut memang masih memerlukan beberapa perbaikan.

Begitu juga ketika tester disuruh untuk mengetes atau menguji aplikasi mobile atau App, maka tester akan disuruh untuk download, install dan membuka seluruh menu pada aplikasi tersebut, dan juga akan ditanya berbagai hal terkait pengalaman secara keseluruhan.

Apakah tester harus orang berpengalaman?

Tidak. Justru yang dibutuhkan untuk menjadi tester adalah orang awam yang bukan ahli di bidang website ataupun aplikasi mobile. Dengan tujuan agar perusahaan benar-benar mamahami konsumen yang berasal dari orang-orang awam yang ingin menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan di website mereka.

Daftar kerja online jadi tester apakah bayar?

Tidak. Kerja online dengan menjadi tester seperti ini tidak perlu membayar apapun termasuk membayar biaya pendaftaran, karena semuanya gratis.

Berapa lama durasi tes ada website atau App?

Untuk durasi berapa lamanya waktu mengetesnya berbeda-beda mulai dari 1 menit sampai dengan 20 menit dan bahkan ada yang hingga 30 menit, yang tentu saja dengan imbalan bayaran yang lebih besar pula.

Syarat menjadi tester apa saja?

Agar bisa memenuhi syarat dan bisa mulai kerja online menjadi tester, syarat yang paling pertama adalah harus bisa berbahasa inggris. Hal tersebut lantaran dari berbagai website yang menyediakan kerja online jadi tester ini adalah website yang berada di luar negeri.

Selain bahasa inggris, biasanya tersedia juga bahasa asing lainnya seperti bahasa prancis, dutch atau bahasa belanda.

Gaji atau penghasilan kerja online jadi Tester berapa?

penghasilan kerja online jadi tester

Hal tersebut sangat tergantung dari jenis testing atau review yang sudah dilakukan apakah mereview website atau App, dan antara bayaran antara satu review dengan review atau tes yang lainnya juga berbeda-beda meskipun terkadang memiliki durasi waktu yang sama.

Namun ada tips agar membuat penghasilan Anda menjadi lebih banyak setiap bulannya yakni dengan cara mendaftar di beberapa website penyedia kerja online menjadi tester sekaligus. 

Dan mendaftar di banyak website, tentu Anda akan dapat lebih sering melakukan review atau mengetes website atau App sehingga jika dijumlah total pendapatan Anda akan lebih cepat banyak.

Website untuk kerja online jadi Tester apa namanya?

Untuk saat ini, di tahun 2022, ada sedikitnya 10 website yang bisa untuk Anda pergunakan sebagai tempat kerja online menjadi tester, dan berikut ini daftarnya.

  • UserTesting
  • Userlytics
  • Tester Work
  • TestingTime
  • TryMyUI
  • Enroll
  • UserFeel
  • IntelliZoomPanel
  • uTest
  • Ferpection

Dan dari semua website tersebut yang akan membayar Anda untuk review atau mengetes website, hampir semuanya memiliki mobile App yang bisa di download dan di install langsung melalui Google Play Store ataupun AppStore.

Apakah semua situs kerja tester tersebut bukan penipuan? jawabannya adalah bukan, karena semua daftar situs tersebut sudah ada sejak lama dan hingga saat ini sudah memiliki reputasi yang baik dan terbukti membayar dengan benar.

Kesimpulan

Kerja online menjadi tester website atau App berpotensi memberikan bayaran uang dollar yang cukup menjanjikan, akan tetapi membutuhkan skill harus lancar berbahasa inggris karena suara dan juga wajah tester akan direkam.