Waspadai Modus Penipuan Lowongan Kerja Yang Perlu Diketahui

[Iklan Sponsor oleh Google]

ciri-penipuan-lowongan-kerja
Lulus sekolah atau kuliah, melamar pekerjaan dan diterima lalu mendapatkan uang gaji penghasilan adalah harapan bagi semua orang. Akan tetapi apa yang akan terjadi apabila perusahaan yang sedang membuka lowongan ternyata adalah sindikat penipuan lowongan pekerjaan yang sedang melakukan penipuan. Beberapa hal yang berkaitan dengan praktik-praktik semacam itu sangat perlu pencari kerja ketahui agar terhindar dari modus tipuan yang berpura-pura sedang membutuhkan dan menerima lowongan pekerjaan. Silahkan nanti anda baca juga: lowongan kerja online dari rumah.

Jika melihat dari sejumlah kasus penipuan yang sudah pernah terjadi, para pelaku biasanya akan mempromosikan tawaran pekerjaan fiktif mereka melalui pasang iklan baris di surat kabar media cetak dan juga sarana-sarana pasang iklan online lainnya.

Tapi ada satu yang hal yang perlu anda tahu, bahwa sekalipun mereka mengiklankan produk fiktif mereka melalui media online, media tersebut biasanya adalah yang tidak berbayar dan gratis.

Dan tidak mungkin mereka akan beriklan di jaringan periklanan online Google Adwords misalnya, karena selain berbayar, pihak Google hanya akan memberikan jasa tersebut apabila status perusahaan (jika itu atas nama perusahaan)  pengiklan tersebut jelas.

Lalu apa saja dari ciri-ciri lowongan kerja penipuan tersebut..?

Mengambil tips-tips cara mencari pekerjaan yang aman agar terhindar dari penipuan dari situs lowongan kerja terpercaya JobStreet.co.id, berikut beberapa tipsnya:
  • Cara Perekrutan Calon Karyawan Yang Berbayar
Jika ketika anda melamar dan menemukan kasus dimana anda diharuskan untuk membayar biaya yang tidak jelas dan tidak masuk akal, maka hal itu perlu di waspadai.

  • Meminta Data Pribadi Tanpa Undangan Wawancara
Ciri dari modus berikut ini biasanya terjadi untuk penipu yang membuka lowongan melalui media online di internet. Biasanya mereka akan meminta data-data pribadi seperti nomor rekening bank dan KTP anda secara detail meskipun anda tidak diundang untuk datang dan melakukan interview langsung.

  • Proses Penerimaan Yang Super Cepat Tanpa Adanya Wawancara Sama Sekali
Perusahaan yang benar, akan selalu menerima karyawan yang mereka sedang butuhkan melalui tahap wawancara. Tapi untuk perusahaan fiktif penipu biasanya akan langsung menerima tanpa perlu repot menjalani proses wawancara.

  • Deskripsi Pekerjaan Yang Tidak Jelas
Jika anda diundang untuk wawancara akan tetapi dari pihak perusahaan tidak memberikan penjelasan mengenai posisi yang ditawarkan secara jelas dan rinci, atau tawaran pekerjaan tersebut ternyata tidak sesuai dengan deskripsi yang ditawarkan selama proses rekrutmen. Serta, jika anda mendapatkan penawaran kerja yang tidak berhubungan dengan keahlian anda, maka hal itu bisa dijadikan indikasi tidak benar.

  • Iming-iming Gaji Tinggi Yang Tidak Wajar
Jumlah uang gaji untuk setiap karyawan biasanya disesuaikan dengan posisi jabatan dan bidang yang sesuai dengan keahlian karyawan. Tapi apabila anda menemukan tawaran iming-iming gaji yang tidak wajar, maka hal itu juga patut untuk dicurigai.

  • Alamat Email dan Website Yang Mencurigakan
Di zaman yang sudah serba online seperti sekarang ini, setiap perusahaan pasti akan membangun sebuah website meskipun itu hanya untuk publikasi Company Profil saja. Tapi jika perusahaan yang sedang anda lamar tidak mempunyai website yang jelas itu juga patut anda curigai.

Beberapa hal lain yang harus secara jelas dimiliki oleh perusahaan adalah alamat surel (surat elektronik), nomor telepon dan juga alamat lengkap kantor tersebut. Silahkan baca juga: penipuan bisnis online terbaru.

Untuk mengecek data-data dari setiap situs atau website anda bisa juga menggunakan layanan www.scamadviser.com, yang akan memberikan informasi seputar siapa pemilik dan pendaftar untuk situs tersebut, sudah berapa lama situs perusahaan itu berdiri atau ada dan lainnya.

Dan untuk alamat email perusahaan besar, biasanya menggunakan domain yang berbayar sesuai dengan domain situs seperti misalnya customercare@namaperusahaan.com bukan menggunakan layanan gratis semisal customercare@gmail.com, @yahoo.com atau yang sejenis. Mau kerja online gratis tanpa modal? klik: contoh kerja online isi survey.

. . . . .

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar