Desain Logo PayPal & PayTM Jadi Sengketa

[Iklan Sponsor oleh Google]

sengketa-logo-paypal-paytm
Berbicara soal Rekening Online PayPal, tentu banyak sekali yang sudah sangat tahu dan paham. Karena memang merupakan salah satu pembayaran online yang terbesar yang bisa dipergunakan dengan mudah, simpel, cepat dan aman. Dengan gambar desain logo yang hanya bertuliskan huruf P berbayang dan satu kata "PayPal" yang terdiri dari 2 macam skema warna tanpa simbol-simbol khusus tersebut, ternyata saat ini sedang mengajukan komplen ke salah satu perusahaan di India yang bernama PayTM.

Seperti yang kami kutip dari situs http://qz.com ada sengketa PayPal dan PayTM karena perusahaan yang berkantor pusat di Amerika tersebut mengkomplen PayTM yang dianggap menjiplak dan mencontek desain logo yang sudah dari sejak tahun 1999 mereka pergunakan dan terdaftar tersebut.

Tapi tahukah anda seperti apa desain logo PayTM yang diduga mirip logo PayPal..?

Tapi sebelumnya, apa sih PayTM itu..? PayTM adalah sebuah sistem layanan pembayaran online terbesar yang ada di negara India saat ini yang memudahkan semua transaksi e-commerce penggunanya.

Pada awal mula didirikannya PayTM oleh One97 Communications yang merupakan perusahaan mobile internet di negara tersebut , hanya menawarkan pembelian pulsa dan dan beberapa jenis tagihan lainnya, akan tetapi kini sudah mendukung untuk semua jenis pembayaran dan keperluan e-commerce lainnya dan sudah bekerja sama dengan ratusan merchant-merchant partner layaknya DOKU Wallet di Indonesia.

Seperti apa sebenarnya persamaan antara logo PayTM dan PayPal..?

Silahkan anda lihat sendiri pada gambar diatas, sangat mirip bukan?! Meskipun tidak menggunakan gambar dan jenis font atau karakter yang sama, akan tetapi kedua-keduanya memiliki kesamaan pada skema warnanya.

Dan karena hal itulah perusahaan PayPal berkeberatan dan mengkomplennya. Karena menurut PayPal, hal dapat sangat berdampak membingungkan konsumen pengguna dari layanan pembayaran online tersebut.

Untuk saat ini status logo PayTM sebenarnya belum secara resmi terdaftar di lembaga atau instansi kenegaraan resmi India yang menangani kepengurusan pendaftaran merk dagang pada setiap perusahaan baru.

Hal itu karena PayTM baru hampir 4 bulan berdiri. Dan dalam prosedur pendaftaran Trademarks atau merk dagang yang berlaku di India, perusahaan tersebut harus mempublikasi logo tersebut ke publik hingga dalam jangka 4 bulan hingga benar-benar tidak ada sama sekali pihak yang berkeberatan dengan logo perusahaan tersebut.

Akan tetapi, ketika menginjak dibeberapa hari terakhir pada ke empat bulan tahap atau proses tersebut, ternyata ada yang mengkomplennya yakni PayPal karena menganggap logo tersebut berdesain sangat mirip dengan PayPal.

Untuk bagaimana kelanjutan dari sengketa desain logo ini, kita ikuti perkembangan berita selanjutnya. Jangan lupa anda baca juga: cara dapat uang gratis dengan PayPal.

. . . . .

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar