Bitcoin Akan Jadi Alat Pembayaran Yang Sah? Berikut Prediksi Menurut Ahli

[*]

prediksi-bitcoin-gantikan-uang-kertas
Untuk saat ini, mata uang virtual Bitcoin memang bisa dikatakan sedang mengguncang dunia keuangan. Terutama dalam beberapa minggu ini dimana harganya yang melejit naik  begitu tingginya hingga tembus diangka 150'an juta rupiah per 1 BTC. Hal ini telah membuat banyak orang di dunia ini yang menjadi cepat kaya dari Bitcoin. atau kaya dadakan. Karena kejadian ini pula, banyak membuat para ahli-ahli dunia di bidang investasi dan keuangan serta lembaga-lembaga resmi pemerintahan dari berbagai negara ikut menyuarakan opini mereka tentang Bitcoin ini. Baca juga: Inilah Bahaya Bitcoin.

Ada yang secara terang-terangan menentang dan sangat tidak menyarankan agar tidak mengiventasikan dana mereka kedalam bentuk uang digital Bitcoin  karena bisnis Bitcoin hanya menjadi sarana dan juga modus penipuan online yang disukai oleh pelaku kejahatan di dunia maya dengan meminta tebusan uang Bitcoin dan ini, seharusnya tidak beredar di masyarakat.

Tapi ada juga yang mendukung dengan beberapa kriteria meskipun tidak menafikan bahwa lebih dari 90% segala bentuk mata uang virtual yang ada di internet adalah penipuan dengan berbagai jenis, dan investasi ilegal Bitcoin adalah jenis yang tidak sedikit.

Sedangkan dari sebagian ahli yang mendukung dan tidak secara mutlak tidak setuju dengan Bitcoin, menganggap bahwa banyak juga calon investor yang selama salah paham dengan teknologi Blockchain yang disamakan layaknya bisnis MLM (Muliti Level Marketing). 

Lalu seperti apa kira-kira perkembangan mata uang virtual Bitcoin dimasa mendatang..? Mungkinkah akan mampunya menjadi alat pembayaran yang sah di semua negara dan menggantikan uang kertas..?

Berikut ini adalah 10 prediksi seputar perkembangan Bitcoin di dunia internasional menurut James Altucher. Yang merupakan seorang investor teknologi, fund manager, dan juga venture capitalist.

Seperti yang Sampingan Online kutip dari sebuah artikel yang berjudul "James Altucher's 10 predictions about where bitcoin and cryptocurrencies are headed" yang telah dipublish di: https://www.cnbc.com/2017/12/01/james-altuchers-bitcoin-predictions.html.

1. Setidaknya akan ada satu negara yang mata uangnya mati, kemungkinan akan segera gagal seperti negara Argentina atau Venezuela. Hal ini akan membuat pengadopsi bitcoin meningkat sangat besar, yang akan memicu peningkatan nilai bitcoin menjadi lebih dari USD 50 ribu saat hal itu terjadi.

2. Bank mainstream akan menerima bitcoin, dan mulai menawarkan fasilitas penyimpanan bitcoin. Mereka juga akan membuat turunan mata uang digital.

3. 95% dari mata uang digital selain bitcoin akan menghilang, sama seperti ketika situs [dot] [com] sedang booming. Di sisi lain, mata uang digital yang masih selamat nilai tukarnya akan meningkat drastis. Hal ini akan terjadi dalam empat sampai enam bulan ke depan.

4. Pemerintah AS diam-diam akan mulai mengakumulasi salah satu mata uang digital yang kecil untuk mempermudah transaksi di area abu-abu dengan negara lain. Hal ini sebenarnya sudah mulai terjadi, namun baru akan besar di 2018 mendatang.

5. China akan berinvestasi besar-besaran dalam mata uang digital, meski kemungkinan besar bukan bitcoin. Pemerintah China akan ingin mempunyai sebuah mata uang digital yang kompetitif dengan bitcoin. Syaratnya mata uang digital tersebut harus bisa mereka kontrol.

6. Masalah besar yang utama pada mata uang digital adalah volatilitas, dan hal ini diprediksi akan menurun drastis pada 2018 mendatang.

7. Akan ada lebih banyak perusahaan yang akan membayar para freelancer-nya menggunakan mata uang digital, yang akan memicu terjadinya reformasi pajak. 

8. Mata uang digital akan mengubah monopoli mata uang yang oleh pemerintahan suatu negara, sama seperti internet yang mengubah praktik monopoli di industri telepon.

9. Akan ada sebuah lembaga pemerintahan baru yang dibuat untuk menganalisa regulasi mata uang digital. 

10. Ribuan perusahaan mata uang digital akan dibuat dan akan go public, namun hanya beberapa yang bisa sukses. 

Benar dan tidaknya prediksi dari James Altucher ini, tentu waktulah yang akan menjawabnya. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri Bank Indonesia (BI) sejak beberapa tahun yang lalu sudah menegaskan bahwa alat pembayaran atua mata uang yang sah dan berlaku di Indonesia adalah Rupiah, dan bukan Bitcoin.

. . . . . .
BANTU KAMI BAGIKAN ARTIKEL INI
. .

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar