Temukan Uang Ratusan Juta, Pria Ini Tetap Jujur & Melaporkannya

[Iklan Sponsor oleh Google]

pramusaji-stasiun-temukan-uang
Apa yang akan anda lakukan seandainya anda menemukan uang ratusan juta rupiah dalam sebuah tas..? Apakah anda akan melaporkannya ke pihak yang berwajib, menghubungi alamat pemiliknya jika memang ada bersama uang tersebut, atau malah diam saja menjadikan semua uangnya sebagai milik anda karena tidak ada orang lain yang melihatnya..? Jika memang anda yang mengalami kejadian seperti ini, maka disitulah kejujuran anda sedang diuji.

Dan pilihan memang ada pada orang yang sedang diuji kejujurannya tersebut. Ia bisa mengembalikannya, atau ia mengambilnya selayaknya barang kepunyaanya sendiri.

Bahkan sering kita mendengar orang yang kehilangan handphone jarang ditelepon oleh orang yang menemukannya, padahal ada nomor-nomor teman atau saudara pada HP tersebut yang bisa dihubungi.

Karena bagi orang yang tidak jujur ketika ia menemukan HP, biasanya malah langsung dimatikan dan dibuang kartu SIMnya agar tidak bisa dihubungi oleh pemiliknya lagi.

Terkait dengan kejadian menukan suatu barang, jika memang mempunyai keyakinan yang kuat dan takut akan berdosa karena mengambil sesuatu yang bukan haknya, tentu orang yang menemukannya akan berusaha untuk mengembalikannya kepada pemilik yang sebenarnya.

Seperti apa yang telah dilakukan seorang pria di daerah Kroya, Kabupatan Cilacap - Jawa Tengah yang telah menemukan uang senilai ratusan juta, tapi ia tetap jujur dan melaporkannya ke pihak yang berwajib.

Dilansir dari jateng.tribunnews.com, berawal dari Supriyanto yang bekerja sebagai pramusaji di sebuah Caffe yang berada di Stasiun Kereta Api Kroya Cilacap, ketika ia sedang melaksanakan tugasnya untuk membersihkan meja ia menemukan sebuah tas di kursi yang tetinggal oleh pemiliknya setelah selasai makan/minum di Caffe tersebut.

Karena kejujurannya, ia pun melaporkan temuannya tersebut kepada Kepala Stasiun Besar di Stasiun tersebut. Lalu Kepala Stasiun beserta beberapa orang bawahannya membuka tas tersebut dan ternyata berisi uang dollar Singapura senilai 25.000 $ SG atau sekitar 240 juta rupiah, paspor, buku rekening bank dan juga uang rupiah senilai 14,7 juta.

Selanjutnya, Kepala stasiunpun mencoba untuk mencocokan antara identintas pemilik tas yang ada dipaspor yang ada didalam tas yang ditemukan juga dengan daftar manifest yang telah dicetak dari Rail Ticket System (RTS).

Dan hasilnya memang benar, bahwa nama pemilik tas sama dengan nama yang tertera di paspornya.  Karena orang tersebut merupakan salah satu penumpang KA 5 (Argowilis) relasi Kroya- Bandung yang beralamat di Cilacap.

Atas dasar yang kuat itu, orang yang diduga pemilik tas tersebut dihubungi petugas untuk memastikan barang bawaannya tertinggal. Orang itu pun membenarkan, tasnya ketinggalan di Cafe stasiun Kroya.

. . . . .

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar