Mencairkan Uang Dari PayPal Ke Rekening Bank Lokal Di Indonesia

[Iklan Sponsor oleh Google]

tarik-dana-paypal-rekening-bank-lokal-indonesia
Hingga saat ini, Sampingan Online telah mempostingkan beberapa artikel yang masih berkaitan dengan cara mendaftar Paypal dan tips keamanan Paypal. Dan juga cara mendapatkan atau kerja online dibayar Paypal dengan mengikuti bisnis online afiliasi, membuat blog dan lainnya. Oleh karena itu, sebagai pelengkapnya, kali ini saya akan menulis tentang bagaimana cara menarik dana dari Paypal ke rekening Bank lokal di Indonesia dengan mudah, cepat dan aman. Dan kebetulan beberapa waktu yang lalu ada juga pengunjung yang menanyakannya melalui komentar yang tidak saya tampilkan.

Withdraw atau Tarik dana Paypal ke Rekening Bank lokal, bagaimakah sih caranya..?

Cara yang kita pergunakan sebenarnya sangat mudah asalkan status pada rekening Paypal kita sudah terverifikasi (verified). Meskipun ketika mendaftar tidak menggunakan kartu kredit, pastikan untuk segera menjadikannya menjadi verified dengan menggunakan jasa VCC.

Dan pada contoh penarikan yang akan saya ulas di artikel ini, saya menggunakan Bank BRI BriTama via web browser internet menggunakan laptop dan bukan via aplikasi Paypal Android. Untuk bank seperti BCA, BNI, Mandiri, dan lainnya juga kemungkian besar akan sama.

Tapi sebelum anda masuk ke akun Paypal anda, pastikan alamat url yang anda tuju dan terlihat adalah https://www.paypal.com, ada ikon gambar gembok dan bertuliskan Paypal, Inc. [US]

cara-aman-mencairkan-uang-paypal-terbaru
Setelah berhasil masuk, silahkan klik pada menu navigasi "tarik dana" dan laman akan berganti ke laman khusus penarikan dana.

Akan terlihat jumlah total saldo yang tersedia dan dibawah kolom tersedia untuk anda mengetikan nominal dana yang akan anda ambil.

Untuk proses penarikan hingga benar-benar masuk ke rekening tujuan, waktu yang tertera yang dijanjikan Paypal adalah sekitar 2-4 hari dan tergantung juga pada bank penerima masing-masing.

Jadi berapa lama waktu pencairan ke rekening bank kita..?

Dari pengalaman saya yang sudah mencairkan sekitar 3 kali menggunakan Bank BRI, 2 harian sudah masuk. Dan bahkan pada kesempatan ini tepat 1 hari sudah masuk.

Apakah ada biaya untuk setiap penarikan dana dari Paypal ke Rekening Bank..?

biaya-penarikan-dana-paypal-bank-bri
Untuk penarikan dana ke rekening bank yang terletak di Indonesia, Paypal akan membebankan biaya Rp. 16.000, untuk jumlah penarikan dibawah Rp. 1.499.999, dan gratis untuk penarikan Rp. 1.500.000 keatas.

nilai-konversi-dollar-paypal-rupiah
Tapi meskipun untuk penarikan dana diatas Rp. 1.500.000 tidak dikenakan biaya alias gratis, tapi akan ada selisih jumlah yang kita terima karena adanya biaya konversi mata uang dari yang tadinya dollar Amerika (US $) menjadi rupiah (IDR). 

Pada gambar disamping terlihat bahwa pada nilai kurs konversi yang berlaku di Paypal tersebut, ternyata jumlahnya lebih kecil jika dibandingkan dengan kurs konversi perusahaan layanan pengiriman uang internasional Western Union.

konversi-mata-uang-western-union
Jika di kurs Western Union uang senilai $ USD 440 = IDR 5,821,200, karena kurs 1 USD = 13,230 IDR, sedangkan di Paypal $ USD 440 = 5,678,420 karena  1 USD = 12,905 IDR.

Apakah jumlah dana yang telah di konversi dan ditarik dari Paypal ke rekening kita akan sama, atau ada potongan biaya dari Bank lagi..?

biaya-bank-bri-penarikan-paypal
Jumlahnya akan sama persis dan tidak ada potongan biaya apapun. Seperti pada gambar screenshot disamping laporan aktivitas transaksi menggunakan aplikasi Paypal untuk Android dan sms notifikasi dari BRI SMS Banking.

Tertera jumlah uang yang masuk ke rekening saya sama persis dengan jumlah yang sudah saya transfer dari rekening Paypal tanpa ada perbedaan 1 rupiah pun.

Bagi saya pribadi, setelah saya menerima pembayaran ke akun Paypal saya, biasanya akan langsung saya transfer ke rekening bank lokal saya.

Kecuali apabila memang ada rencana untuk membelanjakannya. Dan selama ini saya hanya membelanjakan uang di Paypal saya untuk keperluan membeli domain dan membayar biaya sewa hosting. Karena untuk keperluan belanja online, saya lebih memilih berbelanja di situs toko online lokal yang meneriman pembayaran via bank transfer.

. . . . .

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar