Traveloka Habiskan 9 Miliar Lebih Untuk Biaya Iklan TV Dalam Seminggu

[Iklan Sponsor oleh Google]

biaya-iklan-traveloka-di-tv
Untuk anda yang suka traveling tentu sudah tahu Traveloka kan..? sebuah perusahaan yang memberikan layanan untuk mempermudah pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online yang bisa dilakukan dari internet melalui web browser dan juga melalui aplikasi mobile. Untuk yang jarang traveling juga pasti tahu karena hampir setiap hari iklan ini nongol di tv yang selalu menggunakan slogan Traveloka dulu, "Traveling"/"nyaman di Hotel"/"atur Liburan" kemudian.

Tapi tahukah anda berapa uang yang dibelanjakan Traveloka untuk biaya iklan TV..?

Kali ini, kami mencoba menggunakan situs Adstensity untuk mengetahui berapa total biaya iklan TV Traveloka.

Dan berdasarkan hasil laporan data dari 7 hari terakhir periklanan Traveloka yang ditayangkan di TV, hasilnya cukup mengejutkan. Karena ternyata, perusahaan tersebut menghabiskan sekitar 9 Miliar rupiah lebih.


:: Total Harga Anggaran Iklan Yang Dihabiskan

total-anggaran-iklan-traveloka
Dari data diatas terlihat jumlah total untuk harga iklan yang dikeluarkannya adalah sebesar 9.832.800.000, dengan penayangan iklan terbanyaknya TV One yang merupakan stasiun TV Nasional, disusul Trans TV, dan stasiun TV lokal Kompas TV.

Lalu berapa biaya atau tarif iklan per tayangan iklan di TV tersebut..?


:: Total Durasi Iklan

durasi-iklan-traveloka

:: Total Jumlah Iklan Yang Tayang Di TV
tayangan-iklan-traveloka-di-tv
Untuk mengetahui berapa kira-kira biaya atau tarif iklan per tayangan yang harus dibayar oleh Traveloka, maka sekarang kita akan membagi total harga iklan dengan total tayangan iklannya pada salah satu stasiun TV saja dan dalam hal ini kami akan memilih TV One.

Yang berarti 6.024.000.000:139=43.338.129. Jadi dalam setiap tayangan iklan yang muncul di TV One, Traveloka harus membayar sekitar 43.338.129 (43 jutaan).

Berapa detik jumlah per tayangan iklan yang ditampilkan..?

Untuk mengetahui hal tersebut, sekarang kita coba bagi antara jumlah durasi atau lamanya iklan dengan jumlah tayangannya.

Yang berarti  2.085:139=15. Jadi untuk durasi per tayangan iklannya adalah 15 detik. Dan dengan kata lain, dalam setiap iklan Traveloka yang ditayangkan TV One dalam durasi 15 detik, Traveloka harus membayar sekitar 43 jutaan.

Untuk durasinya, mungkin juga terkadang ditayangkan dalam waktu 15 detik, dan terkadang dalam waktu 30 detik.

Itu semuanya hanyalah harga perkiraan kami  (sampingan online) saja dengan mengambil acuan data dari Adstensity.com. Karena untuk tarif iklan TV juga sangat tergantung pada jam-jam tertentu iklan tersebut ditayangkan.

Dan menurut yang kami tahu, untuk harga termahal biasanya ada pada pukul 18:00 WIB sampai dengan pukul 22:00 WIB.

Jika melihat besarnya tarif iklan tv seperti diatas, tentu hanya perusahaan-perusahaan besar saja dengan cakupan produk yang minimal pemasaranya tersedia keseluruh Indonesia yang akan mampu untuk melakukannya. Untuk perusahaan kecil mungkin periklanan online sabagai solusinya.

. . . . .

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar