Tips Sukses Menjadi Android Publisher Dari Henry Jefri

[Iklan Sponsor oleh Google]

tips-sukses-programmer-android
Bisnis atau pekerjaan apapun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, disiplin penuh dan dengan cara dan teknik yang tepat, tentu akan lebih mendekati suksesnya dibanding yang hanya asal-asalan. Terlebih untuk bisnis membuat aplikasi android seperti yang dijalani oleh seorang Android Apps Developer Henry Jefri yang sudah berhasil mendapatkan penghasilan ribuan dollar perbulan yang awalnya hanyalah seorang kuli panggul pelabuhan yang tidak mengenyam pendidikan di perguruan tinggi bahkan SD saja tidak lulus. Baca juga: kisah sukses penulis Babe news.

Beberapa tips-tips sukses Henry Jufri dibawah ini, kami copy paste langsung dari profil facebooknya di alamat https://www.facebook.com/henry.mhoecks, dan kami tidak mengedit isi dari tulisan tersebut.

1. Mindset (Pola Pikir).

Hal yg pertama yg perlu kita lakukan sebelum terjun atau ingin mencapai hal yg di inginkan, ialah merubah pola pikir.! Dulu sy jg melakukan banyak kesalahan di awal dan setiap melakukan kesalahan sy selalu berpikir negatif, putus asa dan gak pede. Setelah berkali-kali gagal, sy lalu merenung dan berusaha mencari apa yg yg menjadi kekurangan sy selama, dan akhirnya sy menemukan bahwa pentingnya memiliki pola pikir positif. Setelah punya pola pikir positif, jika menemukan kegagalan, yg ada malah sy makin semangat, karena pola pikir positif itu mengajarkan sy untuk selalu belajar dari kesalahan dan tdk mengulang kesalahan yg sama dan menjadi pembimbing sy untuk menuju dari sukses 1, sukses 2, dan sukses-sukses lainnya..

2. Target

Banyak temen-temen yg nanyain ke saya, "apa sih tips nya agar selalu semangat walau sering gagal?". Salah satu hal yg selalu membuat sy tetap semangat setiap kali gagal ialah memotivasi diri sendiri dengan "Target". Hidup itu harus punya tujuan (target) jadi jika kita tdk memiliki tujuan yg pasti, hidup kita gak akan teratur dan melakukan segalanya secara semaunya dan amburadul, yg ada kita hanya akan jalan di tempat di saat temen-temen yg lain sdh berlari jauh meninggalkan kita.

3. Split Test (Uji Coba)

Ini hal yg sangat penting menurut saya, bagi saya 1 orang guru akan mengajarkan ilmu yg sama kepada murid nya dalam 1 ruangan kelas, tapi para murid akan menerimanya secara berbeda-beda. Ilmu yg sama yg kita pelajari hasilnya akan berbeda di setiap orang, disini penting nya melakukan split test (uji coba) dan jangan hanya puas karena sdh melakukan apa yg di ajarkan, dan terpaku di induk pelajaran tersebut, tapi gali lah lebih dalam hingga kamu menemukan sesuatu yg baru yg bisa membuatmu jd lebih unik dan ahli di ilmu tersebut.

4. Bertanya ke orang2 yg lebih tau.

Nahh..ini juga penting tapi memiliki aturan tersendiri yg tdk tertulis. Jika kamu merasa msh newbie, sering-sering lah mencari tau hal yg bisa membantu mu berkembang, tapi bertanya juga ada aturannya lohh..Jika bertanya ke grup-grup sharing ata ke orang lain, yg harus di ingat, pertanyaan tersebut jangan yg terlalu mendasar, atau kata lainnya, cari lah dulu di Google, jika udah mentok baru bertanya. Seringkali ada temen yg nanya sesuatu dan gak di jawab baik itu di grup2 sharing maupun melalui PM karena pertanyaan tersebut terlalu mendasar, dan sebetulnya msh bisa di cari dulu di Google, karena yg perlu di ketahui, orang tdk punya kewajiban untuk menjawab pertanyaan kita, jadi kita harus paham bagaimana etika bertanya di sosmed, kecuali kalo kamu msk di grup berbayar.

5. Merasa selalu benar

Ini salah satu sifat yg akan menghambat kita untuk berjalan lebih jauh menuju kesuksesan. Seseorang yg selalu merasa benar sendiri, maka ia tidak akan pernah menghargai pendapat orang lain, sehingga apa yg ia ketahui terasa dia lah yg terbaik, dan yakinlah orang seperti itu tdk akan bisa berkembang lebih jauh dan saran saya jangan terlalu akrab jika punya teman seprti itu, karena ia akan menularkan energi negatif nya kepada kita..

6. Manajemen Waktu.

Minggu lalu sahabat saya Ono Muliyo sharing bagaimana tips menjadi sukses, dan salah satunya adalah "Manajemen Waktu" dan sy udah nerapin hal ini di saat baru memulai belajar Android. Di awal sy belajar ANDROID PUBLISHER, sy sering kelimpungan membagi waktu saya antara kerja sebagai "Kuli Panggul" dan belajar hal dasar Publisher Android. Akhirnya pada saat itu sy mulai mengatur waktu saya, dan alhamdulillah semuanya lebih terstruktur, dan saya bisa bekerja offline dan melakukan kerjaan online secara teratur. Dulu sy ngatur waktunya kayak gini. Di pagi hari jam 8 pagi sy berangkat ke pelabuhan untuk "Nguli" sampai sore. sepulang kerja sy manfaatkan waktu beberapa jam untuk istirahat. Jam 9 malam setelah makan, sy mulai buka laptop sampai jam 2 subuh (kadang lewat klo ada hal baru yg harus di selesaikan). Setelah itu lalu istirahat untk hari esok agar bisa kerja offline lagi.

7. Iri Dengki.

Sifat satu ini terkadang menghinggapi seseorang di saat ada orang lain yg lebih sukses darinya. Jikalau sifat ini msh ada pada diri kita, yakinlah kamu tdk akan bisa berbuat lebih jauh dan lebih sukses, karena kamu tdk bisa menerima kelebihan oranglain dan kekurangan diri sendiri. Solusinya ialah belajar dari kelebihan orang lain dan berusaha memperbaiki apa yg menjadi kekurangan kita, jikalau ada yg sukses lebih dari kita, maka jadikan itu motivasi pada diri kita agar bisa belajar lebih giat lagi agak tdk semakin tertinggal karena hanya sibuk menyalahkan orang lain dan menyalahkan diri sendiri.

8. Jangan Lupa darimana kamu berawal

Ini penting buat sy. banyak temen-temen yg mengatakan, lohh..katanya udah punya hasil yg lumayan dari Android, knpa msh tetap "nguli?". Jawaban sy gini, dengan tetap menjadi kuli panggul, sy selalu di ingatkan "dari mana sy berawal" dan selalu di ingatkan untuk tdk sombong dengan apa yg telah sy capai, karena orang punya persepsi tersendiri untuk mengartikan sebuah kesuksesan. Kadang juga kalo dapet error pas build project game, setelah pergi nguli malah jadi solved, otak jadi fresh..kwkwkkwkw.

9. Jangan pernah berhenti belajar.

Terkadang seseorang akan cepas puas dan berbangga diri setelah mencapai sebuah kesuksesan sehingga merasa tdk perlu belajar lagi. Ingatlah bahwa ilmu itu terus berkembang, jd jangan merasa kita sdh lebih baik dari orang lain. Disaat kita sdh merasa tak perlu belajar, maka saat itulah kita hanya menunggu waktu untuk jatuh di arah keterpurukan, karena di saat yg lain sdh menerapkan hal baru, kita msh memakai pola yg sama yg sdh usang dan hasilnya pasti akan sangat mengecewakan. Jadi teruslah belajar dan meng-update pengetahuan kita.

10. Sering Berbagi

Berbagi tdk akan membuat mu miskin, berbagi tdk akan mengurangi ilmu mu. Itulah yg sy tanamkan pada diri. Walaupun sy belum menjadi seorang yg religius, tapi sy yakin dan percaya, jika kita berbagi, maka energi positif itu akan terus mengalir pada diri kita, dan rejeki akan terus ngalir. Yg sy pahami seperti ini. Jika sy berbagi ilmu ke orang lain, ilmu yg sy bagikan itu akan bermanfaat buat orang lain, dan bisa saja ilmu tersebut yg sebetulnya msh banyak kekurangan malah orang yg kita bagikan ilmu tersebut akan menemukan kekurangannya, dan akhirnya kita malah mendapat berkah dai yg namanya berbagi. Tapi lagi2 ada batasannnya ya, karena seorang koki tdk akan %100 membagikan resep nya kepada orang lain, karena baginya itu adalah privasinya.

Demikian 10 tips dan kiat-kiat sukses dari Henry Jefri, seorang yang sukses menjalani bisnis menjadi Android Apps Developer yang sudah banyak membuat berbagai permainan edukasi dan juga hiburan untuk anak anak.

. . . . .

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar