Biaya Anggaran Pasang Iklan TV Bisa Dilihat Di Adstensity

[Iklan Sponsor oleh Google]

biaya-iklan-televisi-adstensity
Tahukah anda berapa sebenarnya jumlah budget atau anggaran belanja iklan yang di tampilkan di televisi? Apakah jumlahnya hanya ratusan ribu, jutaan atau miliaran? Dan ternyata jumlahnya adalah miliaran dan bisa anda cek di adstensity.com yang merupakan website yang menampilkan data hasil monitoring semua iklan tv. Dan tentu saja jumlah tersebut bisa ditebak karena jika kita mencoba untuk menganalisa sepertinya tidak mungkin apabila biaya iklan tv tidak besar, mengingat dari setiap produksi tayangan program yang ditayangkan oleh setiap stasiun tv memerlukan biaya yang besar pula. Baca juga: Pendapatan Blog Dari Iklan Google Adsense dan iklan mobil berjalan Sticar.

Sebagai contoh, misalkan salah satu stasiun tv swasta menayangkan sebuah program tayangan news atau berita dengan durasi 30 menit. Nah, dari durasi tayangan yang hanya 30 menit tersebut pihak penayang harus memperoleh pendapatkan yang harus lebih besar dari biaya produksi mereka.

Biaya produksi tersebut mencakup berbagai hal seperti misalnya, untuk menggaji wartawan atau tim peliput berita yang pergi hingga ke daerah-daerah yang jauh, untuk menggaji pembawa acara berita tersebut, dan yang lainnya yang tentu saja jumlahnya tidaklah sedikit karena mereka tentu saja adalah orang-orang yang cukup berkompeten dalam bidang tersebut dan merupakan lulusan universitas terkemuka.

Di situs adstensity.com anda bisa menjadi tahu berapa sebenarnya biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang mengiklankan produk mereka.

Dan jika coba kita tinjau dari produk iklan apa saja yang paling sering muncul adalah kategori makanan dan minuman, perawatan dan kecantikan/kosmetik yang terdiri dari berbagai merk, dan juga dari perusahaan industri rokok yang hanya muncul saat malam hari saja.

Pada kesempatan kali ini kami ingin mencoba cek berapa anggaran iklan dari Aqua, Le Minerale dan Teh Gelas, dan hasilnya seperti pada gambar dibawah ini:

biaya-iklan-aqua-teh-gelas-le-minirale
Gambar diatas menunjukan data hasil dari 7 hari terakhir dimana iklan air minum mineral Aqua dari PT Tirta Investama merupakan yang terbanyak dalam belanja untuk kampanye iklannya yakni sebesar 4.785.000.000 dan yang terbanyak ditujukan untuk Global TV, SCTV, RCTI, Trans TV, ANTV, dan Indosiar.

Dan berikut ini jumlah total belanja iklan tv antara Pond's VS Garnier VS Wardah:

biaya-iklan-ponds-garnier-wardah
Dari data diatas terlihat bahwa brand produk kosmetik Ponds adalah yang paling besar dalam membelanjakan anggaran untuk kampanye iklan mereka, disusul Garnier dan Wardah.

Yang menarik adalah dari ketiga brand kecantikan wanita tersebut, mereka sama-sama membelanjakan budget terbesarnya ke Indosiar.

Hanya saja, dalam data statistik tersebut tidak ada keterangan yang lebih rinci pada program tayangan atau acara apa iklan mereka paling sering dimunculkan. Mungkin apabila anda mendaftar dan membuatkan akun Adstensity versi Pro data tersebut akan ditampilkan.

. . . . .

Artikel terkait:

4 komentar:

  1. wah... ??? dan iklan itu dalam di tayangkan dalam berapa tahun??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tergantung dari kontrak kedua belah pihak Gan. Dan jika kita amati, hanya perusahaan-perusahaan besar dengan anggaran periklanan besar saja yang iklan-iklannya ditayangkan dalam kurun waktu yang lama.

      Hapus
  2. gan kalo pasang iklan tapi jadi sponsor utama berapa tuh ya kira2 harganya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu pastinya berapa biaya iklan yang harus dikeluarkan agar dijadikan sopnsor utama dalam tayangan khusus, yang jelas itu mahal banget pasti.

      Hapus