Kerja Online Jadi VLogger Di Youtube Di Gaji Bulanan Oleh Google

[Iklan Sponsor oleh Google]

kerja-online-vlogger-youtube
Kerja online VLogger YouTube. Menyebut kata "YouTube" tentu semua orang yang sedang membaca tulisan ini sudah tahu itu bahkan saya bisa memastikannya. YouTube sendiri adalah sebuah platform video streaming buatan Google yang berguna untuk sharing video sesama member dan juga bisa tonton oleh semua orang. Tapi apakah anda juga sudah tahu, bahwa dengan memanfaatkannya anda bisa menjadi VLogger di YouTube yang berpenghasilan lumayan yang digaji setiap bulannya.

Apa yang dimaksud VLogger YouTube itu sebenarnya..?

Antara Blogger dan Vlogger sebenarnya mempunyai kesamaan, yakni orang yang sama-sama suka sharing menggunakan media online internet. Hanya saja jika blogger cara sharingnya melalui karya-karya tulisan artikel yang diposkan di blog (content writer), sedangkan Vlogger melalui media video.

Dan untuk saat ini tempat yang paling populer dan mudah bagi para Vlogger di Indonesia maupun dunia untuk membagikan karya-karya videonya adalah YouTube dan Dailymotion. Atau untuk Vlogger YouTube biasa disebut juga sebagai YouTuber. Baca juga: cara upload video di MeTube.

Lalu bagaimana Vlogger mendapatkan penghasilan dari YouTube..?

Cara kerja YouTuber sebenarnya masih serupa dengan cara kerja online blogger, yakni sama memonetisasi konten mereka dengan iklan. Silahkan baca juga: penghasilan blog dengan iklan Adsense.

Tapi meskipun sama-sama masih menggunakan Google Adsense, sistem perhitungan pada monetisasi tersebut memiliki perbedaan. Yan diantaranya adalah apabila Adsense pada laman blog memakai perhitungan PPC (pay per click) sedangkan pada Youtuber ada yang PPC tapi ada juga yang per tayangan iklan (ad bimpressions).

Contohnya sangatlah sering kita saksikan langsung ketika kita menonton video yang ada di YouTube melalui aplikasi menonton video yang ada smartphone maupun pc desktop. Biasanya iklan yang berupa video juga, akan muncul sebelum video aslinya muncul untuk waktu beberapa detik.

Sebagian iklan ada yang bisa diatur untuk bisa langsung dilompati oleh penayang, dan ada juga yang tidak bisa dilompati sebelum durasi waktu yang sudah ditentukan oleh YouTuber tersebut.

Selain itu ada juga iklan-iklan PPC yang berupa banner atau text pada bagian bawah atau samping kanan atas video yang bisa dengan mudah penayang tutup karena ketersediaan tombol close di samping kanan atas iklan tersebut.

Kapan YouTuber akan dibayar oleh Google Adsense..?

Untuk kebijakan pembayarannya sama dengan kebijakan pada Google Adsense untuk memonetisasi artikel blog, yakni apabila total pendapatan sudah mencapi jumlah minimum ambang pembayaran yakni $100 US (seratus dollar Amerika) yang akan dibayarkan pada setiap tanggal 21 dibulan berikutnya.

Bagaimana cara agar menjadi seorang YouTuber sukses..?

Konsepnya sama seperti pada konsep blogging, bahwa dimana ada banyak pengunjung maka disitu akan ada banyak uang juga. Nah, cara agar menjadi Vlogger atau YouTuber yang berhasil dan sukses adalah upload konten video menarik sesering mungkin agar mendapatkan pengunjung dan juga pelanggan (subscriber) yang banyak.

Jenis video apa saja yang harus saya unggah di Youtube..?

Apa saja asalkan tidak melanggar TOS atau ketentuan penggunaan YouTube dan juga ketentuan menjadi publisher Google Adsense untuk menayangkan iklan-iklannya.

Dan video tersebut bisa berupa video tutorial, video ulasan produk, video lucu, dan lain-lain asalkan itu hasil karya kita sendiri, bukan video orang lain yang kita download kemudian kita unggah ulang (reupload) ke YouTube lagi.

Bahkan beberapa waktu yang lalu ditayangkan di salah satu televisi nasional, bahwa ada sebuah Vlogger anak-anak yang dipandu oleh ibunya membuat channel video YouTube tentang ulasan bermacam-macam merk permen. Dan dari channel video yang mengulas permen tersebut sudah bisa menghasilkan ratusan juta untuk setiap bulannya.

Jadi channel atau topik video apa yang harus saya pilih..?

Agar lebih memudahkan anda dalam memilihnya, maka untuk pertama kali memulainya silahkan pilih yang paling sesuai dan mendekati dulu dengan minat atau hobi anda.

Sebagai contoh misalkan anda adalah seorang yang suka banget dengan dunia kuliner, anda bisa membuat video-video ulasan makan menu-menu makanan yang lezat dan unik-unik, dan lain-lain.

Seperti misalkan pada contoh video yang sudah dimonetisasi Adsense dibawah ini, video game jadul yang diambil dari hasil recording di HP Android langsung.


Karena nantinya, sebelum video yang sudah kita unggah diperbolehkan dimonetisasi, sebelumnya harus menunggu persetujuan dari Tim YouTube terlebih dahulu.

Dan ada satu hal yang jika dilanggar maka akan langsung membuat video yang sudah diunggah tidak akan diterima. Yakni jika dalam video tersebut menggunakan latar belakang lagu mp3 atau musik kepunyaan orang atau perusahaan lain yang sudah dipatenkan dan mempunyai hak cipta.

Mau dapat uang tanpa perlu membuat blog..? Silahkan baca: cara kerja online di lembaga survei.

. . . . .

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar