Azaria, Bisnis Online Pengemis Berantai Era Modern

[Iklan Sponsor oleh Google]

uang-azaria-pengemis-berantai
Sebenarnya dari dulu hingga sekarang, saya tidak tertarik dengan yang namanya MLM, baik yang cara promosinya online maupun offline. Tapi pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk mengkritisi tentang salah satu jaringan MLM Azaria yang menurut saya juga tepat jika dikatakan sebagai bisnis money game juga. Adalah bisnis kosmetik Azaria, yang sedang rame di sosial media untuk sekarang ini dengan semakin banyaknya orang yang mempromosikannya dengan slogan-slogan "dapat 1 juta berkali-kali dalam sehari", "peluang bisnis rumahan ibu rumah tangga cerdas", dll.

Apakah sebenarnya Bisnis Azaria itu..?

Meskipun saya belum daftar dan bergabung langsung di Azaria, akan tetapi sangat jelas diketahui bahwa sistem yang dipergunakan adalah sistem piramida yang merupakan salah satu dari variant money game atau permainan uang.

Seperti yang menjadi ciri khas dari money game skema piramida adalah keharusan untuk mendapatkan referral (mengajak orang lain untuk ikutan bergabung) setelah mereka bergabung, karena jika tidak mereka akan mengalami kerugian karena membeli produk yang harganya tidak sebanding dengan harga yang berada dipasaran pada umumnya.

Dalam beberapa situs resmi yang mempromosikan Azaria, mereka memang tidak mau mengakui bahwa bisnis yang mereka jalankan tersebut termasuk dalam kategori money game. 

Bahkan ada salah satu dari website tersebut yang memelintirkan pertanyaan Azaria haram karena mengambil keuntungan harga berkali-kali lipat dari biaya pembuatan barang..?, lalu mereka menjawab dengan menyertakan analogi perbandingan yang menurut saya tidak pas. Kalau begitu sepeda motor, hp, laptop, haram juga dong, karena mengambil keuntungan yang berkali-kali lipat dari biaya pembuatan atau produksinya...?

Apakah berbeda antara harga kosmetik Azaria dan harga sepeda motor..?

Tentu amatlah berbeda antara harga sepeda motor dan produk kosmetik kecantikan Azaria. Jika orang membeli sepeda motor dengan harga kisaran 15 juta misalnya, harga tersebut memang sudah sesuai dengan harga kisaran pasaran yang juga tidak lepas dari aturan yang sudah diberlakukan oleh pemerintah untuk semua perusahaan besar atau pabrikan sepeda motor.

Beda halnya dengan Azaria, produk kosmetik yang harus dibeli dengan uang 1.400.000 dan dari jumlah tersebut, 1 jutanya akan diberikan sebagai bonus komisi upline atau yang mengajak orang tersebut membeli produknya.

Atau sama saja misalnya seperti ini, apabila anda mengajak orang untuk membeli mie instant seharga 10.000, padahal harga wajarnya kisaran 2.500. Dan 7.500 dari harga 10.000 tersebut akan menjadi milik anda sebagai bonus komisi.

Dan karena harga yang diberikan Azaria sangat tidak wajar dan tidak pasaran tersebut, maka setiap orang yang telah membeli produknya akan merasa rugi jika tidak mengajak orang lain lagi untuk bergabung dan membeli produk tersebut.

Jadi apakah Azaria adalah bisnis penipuan..?

Secara langsung bukan, Azaria bukan merupakan bisnis penipuan, akan tetapi money game atau permainan uang.

Kenapa Azaria disebut bisnis para pengemis berantai dan bukan jual beli..?

Ya, karena mereka meminta uang 1 juta ke orang lagi dengan formalitas embel-embel membeli produk kosmetik kecantikan dengan harga yang sangat jauh dari harga pasaran.

Dan menurut saya memang lebih tepat apabila disebut sebagai bisnis para pengemis berantai dan tidak pas jika disebut bahwa Azaria adalah sistem jual beli seperti pada umumnya. 

Apa perbedaan jual beli dan bisnis online Azaria..?

Yang namanya jual beli itu, apabila orang yang telah membeli tidak rugi jika tidak menjual atau mengajak orang lain lagi untuk membelinya juga.

Tapi coba kalau kita lihat fakta di Azaria, maka setelah membeli produk kosmetik Azaria, orang tersebut harus mengajak orang lain lagi untuk membelinya juga agar tidak rugi karena telah membeli produk dengan harga yang sangat tidak wajar untuk produk sejenisnya dipasaran.

Bagaimana apabila saya sudah bergabung di Azaria..?

Tidak mengapa jika selama ini anda sudah terdaftar dan aktif di Azaria, tapi mulai saat ini berhenti untuk mengajak orang lain untuk bergabung hanya agar anda mendapatkan 1 juta saja.

Dan bahkan sebenarnya praktik semacam ini oleh pemerintah tidak boleh dilakukan karena melanggar Undang Undang No 7 Tahun 2014 (UU Perdagangan) Pasal 9 yang menyebutkan bahwa ” Pelaku Usaha Distribusi dilarang menerapkan SKEMA PIRAMIDA dalam mendistribusikan barang “. Hukuman bagi yang menerapkan SKEMA PIRAMIDA menurut UU Perdagangan :  Pidana 10 tahun penjara dan atau denda Rp 10 miliar.

Anda mau kaya dan mendapatkan uang jutaan perhari..?

Tentu saja, setiap orang juga ingin kaya dan mendapatkan penghasilan jutaan untuk setiap harinya. Tapi tidak harus dengan cara-cara seperti itu.
. . . . .

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar