Harga Cabe Mahal? Begini Cara Terbaik Untuk Mensiasatinya

[Iklan Sponsor oleh Google]

cara-hemat-cabai-mahal
Tak jarang di Indonesia untuk setiap tahunya rakyat harus terbebani akan mahalnya harga cabai dipasaran yang bahkan hingga menembus angka seratus ribu rupiah lebih untuk harga per kilogramnya. Dengan harga yang melambung tinggi berkali-kali lipat tersebut tentu saja akan membuat rakyat sangat merasa tercekik. Karena bisa dengan mudah kita bayangkan, uang yang harus dikeluarkan hanya untuk membuat sambal yang berbahan utama cabai tersebut.

Lalu bagaimana cara untuk menghemat uang dan mensiati harga cabai mahal tersebut..?

Menyoroti hal tersebut pemerintah kota Padang - Sumatra Barat, mengambil inisiatif untuk membuat suatu gerakan yang dinamakan Gerakan Menanam Sejuta Pohon Cabe.

Gerakan tersebut dinilai akan mampu mengurangi penderitaan masyarakat khususnya di wilayah Sumatra dimana cabai merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan.

Dalam gerakan tersebut, pemkot Padang menginstruksikan kepada masyarakat agar menjadikan pekarangan-pekarangan kosong di sekitar rumah mereka untuk dijadikan sebagai lahan untuk menanam cabai dan juga jenis sayur-sayuran lainnya.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengikuti aksi ini, tentu saja ketika krisis cabai nanti terjadi masyarakat akan sangat terbantu karena hasil panen melimpah.

Menurut Edi Dharma, selaku Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kota Padang seperti yang kami lihat cuplikanya di Headline MetroTv, gerakan tersebut akan sangat manfaatnya karena mengingat tahun 2016 lalu kota Padang mengalami tingkat inflasi cukup tinggi yang salah satu penyebabnya disebabkan oleh faktor cabai.

Dan ternyata, ide yang sudah dicetuskan oleh pemkot Padang tersebut bisa juga dipraktekan untuk seluruh wilayah di Indonesia. Coba kita bayangkan, jika setiap rumah yang mempunyai pekarangan kosong paling kecil bisa untuk menanam 5-10 pohon cabai saja tentu akan hal akan sangat berdampak positif untuk mengurangi saat-saat dimana harga cabai sedang tinggi.

Untuk anda yang kebetulan tidak mempunyai pekarang kosong yang luas, anda juga masih bisa menanamnya dengan menggunakan polybag yang bahkan tergolong lebih simpel, praktis dan mudah karena tidak memerlukan lahan yang luas.

. . . . .

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar