Tips Agar Saldo Paypal Anda Aman Dari Pencurian Hacker

. . .
saldo-akun-paypal-aman
Ini merupakan artikel kami yang masih ada kaitannya dengan yang sebelumnya yang berjudul cara buat akun paypal. Setelah akun anda jadi, anda harus tetap memperhatikan dari segi keamanan untuk mencegah hal-hal yang tentunya tidak pernah anda inginkan. Seperti pada website Bank atau website penting lainya, pada situs Paypal juga telah menggunakan sistem pengamanan tinggkat tinggi atau yang disebut SSL (Secure Socket Layer).  Adalah sebuah sistem keamanan yang dikhususkan untuk melindungi setiap transaksi data pada suatu website dengan teknologi enkripsi data yang canggih.

Ciri pad website yang menggunakan SSL adalah setiap kita mengunjunginya maka alamat url akan berubah menjadi https serta akan ada juga tanda gembok (padlock) di address bar browser seperti Chrome Browser, Mozilla Firefox, Internet Explorer Edge, dan lainnya.

Apakah hanya dengan teknologi SSL sudah pasti Paypal Aman..?

Meskipun SSL merupakan sistem keamanan internet yang paling canggih untuk saat ini, namun tetap saja masih ada sekian persen ada celah yang kemungkinan bisa di bobol oleh hacker penyusup. Akan tetapi pihak Paypal berusaha untuk tidak memberikan celah dan kelemahan sekecil apapun seperti misalnya ketika anda mengirim pembayaran menggunakan PayPal, penerima tidak akan menerima informasi transaksi keuangan sensitif seperti nomor kartu kredit atau nomor rekening bank Anda. Dengan begitu, Anda tidak butuh kuatir ketika harus membayar orang yang tidak Anda kenal.

Dan karena semakin sulitnya menembus server Paypal, maka para pelaku kejahatan di dunia cyber pun lebih menargetkan pada titik kelemahan dan kelalaian pengguna Paypal. Seperti misalnya membuat program jahat mata-mata (spyware), virus atau sejenis malware lainnya agar bisa mendapatkan data-data log in pengguna secara lengkap.

Lalu apa saja tips agar saldo di akun Paypal aman dari pencuri atau hacker..?

  • Jangan pernah log in ke akun Paypal melalui komputer publik.

Log in di komputer yang dipergunakan oleh banyak orang seperti di kantor, warnet atau lainnya sangat beresiko karena kita tidak tahu apakah komputer tersebut terbebas dari infeksi spyware atau bisa juga oleh semacam aplikasi yang merekam segala aktifitas keyboard pada komputer seperti keylogger.

Dan keylogger tersebut biasanya dipasang oleh seseorang yang memang berniat untuk mematai-matai segala aktifitas pada sebuah komputer. Semua laporan data yang dikumpulkan keylogger biasa berupa text, gambar hasil screenshot yang bisa disetting durasi pengambilannya dan video. Lalu laporan tersebut bisa juga di setting agar secara otomatis mengirimkan ke alamat email yang telah mengaktifkannya seperti setiap 1 jam sekali, 2 jam dan sebagainya.

Tapikan komputer di warnet semuanya sudah di Deepfreeze..?!

Ya, memang hampir semua pengusaha warnet menggunakan aplikasi sejenis Deepfreeze pada setiap unit pc mereka. Akan tetapi apakah anda bisa tahu dengan detail software apa saja yang statusnya sudah ter-install sebelum Deepfreeze itu di aktifkan..?

Belum lagi, jika warnet tersebut menggunakan OS Windows atau sistem operasi yang tidak ori (bajakan). Padahal sudah tentu komputer tersebut tidaklah aman untuk digunakan karena tidak pernah di update dan mendapatkan perbaikan sistem meskipun menggunakan anti virus yang bagus sekalipun.

  • Log in menggunakan Smartphone sendiri itu jauh lebih baik.

Untuk saat ini, beragam smartphone murah yang menggunakan sistem operasi mobile Android sangat mudah kita dapatkan. Jadi alangkah lebih baiknya jika log in melalui web browser di HP sendiri atau melalui aplikasi paypal mobile yang bisa di download secara gratis di Google Play Store.

  • Jangan pernah log in ke Paypal dari hasil klik url aktif dalam pesan email.

Maksudnya adalah Paypal tidak akan pernah mengirim pesan ke alamat email anda yang berisi link aktif yang terhubung ke situs Paypal.

Karena dari dulu hingga sekarang modus hacker yang berpura-pura mengirimkan pesan yang mengatas namakan Paypal dengan menyertakan link url yang bisa anda klik yang ternyata adalah situs palsu.

Karena situs tersebut palsu, jadi setelah anda memasukkan user nama dan password anda, maka tidak akan bisa dan data tersebut otomatis masuk ke sistem hacker penipu tersebut.

  • Selalu update anti virus atau anti spyware pada komputer atau smartphone anda secara rutin.

Tiga nama sistem operasi komputer yang populer di gunakan orang diseluruh dunia adalah Microsoft Windows, Macintosh dan Linux dengan banyak sekali varian distronya.

Untuk pengguna linux, mungkin tidak terlalu memerlukan untuk memasang anti virus karena target dari para pembuat virus dan spyware yang paling besar adalah Windows. Jadi untuk saat ini adalah menggunakan Windows, rajinlah untuk selalu update anti virus dan os system ketika notifikasinya sudah muncul agar secara otomatis mendapatkan penambalan sistem yang terbaru yang akan membuat menjadi lebih kebal terhadap infeksi dan serangan cyber.

Lalu bagaimanakah dengan nasib pengguna Windows bajakan yang tidak bisa update..?

Diakui atau tidak, faktanya di negara Indonesia tercinta kita ini Windows bajakan masih menduduki peringkat yang cukup tinggi dan dipergunakan oleh banyak orang.

Padahal sejatinya, itu merupakan pelanggaran berat terhadap hak cipta. Selain itu, pada komputer yang ter-install windows bajakan hanya akan menjadi zombie atau alatnya para hacker untuk melancarkan aksi-aksinya.

Tahukah anda bahwa Indonesia pernah tercatat sebagai salah satu negara dengan kasus serangan cyber yang terbanyak..? Dan apakah itu berarti serangan tersebut merupakan kelakukan dari hacker orang Indonesia..?

Ternyata tidak! karena menurut berita yang waktu itu kami baca di kompas.com, bahwa ternyata komputer yang menggunakan Windows bajakan yang sangat rentan disusupi program jahat tersebut telah disusupi oleh banyak sekali malware yang berasal dan dibuat dari luar negeri.

Tapi, karena posisi komputer tersebut ada di Indonesia, maka yang terdeteksi adalah dari alamat IP (internet protocol) Indonesia. Jadi jeleknya negara kita dimata dunia cyber internasional.

Hacker luar negeri yang melakukan, kita sebagai orang Indonesia yang terkena getahnya. Dan itu semua karena ulah dari orang Indonesia yang masih senang menggunakan Windows bajakan. So, stop dari sekarang penggunaan windows bajakan!

Demikian beberapa tips agar saldo atau uang di akun Paypal anda tetap aman dari kasus pencurian. Jika anda mempunyai tips-tips lain yang lebih tokcer silahkan beritahuan kepada kami dan yang lainnya melalui komentar. Terima kasih telah membaca.

.


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar