bisnis online tanpa modal

7 Cara Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar dan Umum

Diposting pada

Adakah cara kerja online atau aplikasi bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang bisa dikerjakan lewat HP, dan benar-benar tanpa modal sepeserpun? Kalau ada tolong tolong dong beritahu ke saya informasi lengkapnya.

Mungkin seperti itulah gambaran berbagai pertanyaan dari pelajar, mahasiswa dan orang kalangan umum yang memang sedang mencari artikel untuk mencari lowong bisnis online tanpa modal di internet.

survey dapat uang . . . . .

Di zaman serba canggih era digital seperti sekarang ini, memiliki sebuah pekerjaan atau bisnis online yang dapat menghasilkan uang dari internet merupakan hal yang sangat menyenangkan dan diingikan oleh banyak orang.

Terlebih untuk kalangan pelajar dan mahasiswa yang masih dalam status pengangguran dan belum mempunyai pekerjaan dan hanya tinggal di dalam rumah dan mereka masih bergantung dari pemberian orang tua untuk membiayai pendidikan dan juga kehidupan sehari-hari mereka.

Atau untuk yang sudah bekerja juga terkadang masih membutuhkan tambahan penghasilan atau peluang kerja sampingan lain karena minimnya jumlah gaji yang dibayarkan oleh perusahaan tempat ia bekerja.

Terutama untuk mereka yang sudah menikah dan mempunyai anak, jika hanya bekerja sebagai karyawan swasta atau buruh pabrik di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, atau yang lainnya, terkadang uang gaji satu bulan mereka hanya pas untuk kebutuhan satu bulan dan terkadang juga masih kurang.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Mimin ingin berbagi beberapa tips dan cara bisnis online tanpa modal dari mulai yang gratisan sampai yang berbayar yang mungkin bisa anda pelajari dan praktekan sendiri.

Persiapan bisnis online tanpa modal dan yang berbayar

persiapan bisnis online

Persiapan yang paling utama sebelum melakukan bisnis online terkait alat dan sarana adalah sebuah HP pintar atau smartphone yang berbasis OS Android maupun iOS (iPhone), dan yang lebih baik lagi laptop atau komputer PC.

Selain itu koneksi internet, untuk smartphone mungkin akan mudah dalam mendapatkan layanan internet dan bisa langsung online karena bisa langsung menggunakan layanan internet yang disediakan pada penyedia kartu seluler masing-masing operator.

Kemudian untuk persiapan selanjutnya adalah niat yang kuat untuk mau belajar mempelajari segala ilmu bisnis online yang dibutuhkan. Dan biasanya persiapan inilah yang paling jarang dimiliki oleh sebagian besar orang.

Termasuk berdasarkan dari pengalaman Mimin sendiri ketika ditanya oleh beberapa teman terkait pekerjaan Mimin yang hanya duduk dan kerja online dari rumah tapi bisa membeli motor baru secara cash tanpa kredit, bisa membuat rumah, dan lain-lain.

Tapi ketika Mimin coba jelaskan tentang bagaimana cara kerja online yang Mimin lakukan, banyak dari mereka akan langsung mengatakan “bisnis online walaupun gratis dan tanpa harus membayar biaya pendaftaran tapi ternyata itu susah dan bikin pusing jika dilakukan“.

Terakhir, ada persiapan uang jika memang tertarik dengan bisnis online yang membutuhkan modal seperti untuk jualan online.

Waspadai penipuan bisnis online

penipuan bisnis online

“Hati-hati terhadap berbagai modus bisnis online atau lowongan kerja online penipuan di media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan Whatsapp yang menawarkan penghasilan uang besar hingga ratusan juta per bulan akan tetapi ujung-ujungnya meminta deposit uang terlebih dulu”.

Saat ini memang banyak sekali bisnis online penipuan dan juga bisnis online yang tidak baik seperti yang menggunakan konsep money game penipuan atau permainan uang yang hanya mengharapkan mendapatkan penghasilan dari hasil pembayaran member baru yang mendaftar.

Buat kamu yang pemula yang baru akan memulai belajar cara kerja online, sebaiknya hindari dan jangan percaya terhadap berbagai penawaran pendapatan uang besar yang tidak masuk akal yang harus daftar dengan membayar terlebih dahulu.

Beberapa embel-embel penipuan yang mengharuskan pendaftar untuk mentransfer uang yang sering digunakan diantaranya kerja online imput data dari rumah untuk ibu rumah tangga, job copas copy paste, lowongan kerja online dari hp untuk pelajar dan mahasiswa, dan lainnya.

7 Cara bisnis online tanpa modal untuk pelajar dan umum

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara bisnis online tanpa modal untuk kerja online dari rumah yang bisa dilakukan lewat HP atau laptop, ada yang gratis tanpa modal, dan ada juga yang membutuhkan modal seperti untuk membuka toko online dan lainnya.

1. Mengikuti survey online berbayar

Cara bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang pertama berikut ini adalah dengan mendaftar dan mengikuti survey online berbayar yang bisa dilakukan lewat HP, laptop ataupun komputer PC, dan mendaftar dan mengikuti survey online tanpa harus membayar biaya apapun.

Untuk tugas apa yang nantinya harus kita kerjakan adalah hanya menjawab materi pertanyaan survey yang sedang diadakan oleh perusahaan survey penyelenggara yang kebanyakan jawabannya berupa pilihan.

Apakah kita akan dibayar? tentu saja, dan masing-masing perusahaan survey berbeda-beda dalam memberikan bayaran atau yang biasa disebut sebagai imbalan.

Adapun beberapa jenis dari imbalan tersebut diantaranya adalah berupa uang dolar Paypal, uang tunai yang ditransfer ke rekening bank lokal di Indonesia, pulsa gratis, voucher belanja, dan lain-lain.

2. Menjadi blogger

Seperti apakah pekerjaan online menjadi blogger itu? ya seperti Mimin SampinganOnline ini, dimana pekerjaan Mimin hanya menulis artikel kemudian Mimin posting atau publis di blog Mimin, dan SampinganOnline.com ini merupakan contoh blog yang menghasilkan uang.

Apakah menjadi blogger harus membayar? jawabannya adalah ada yang harus pakai modal dan bayar dan ada juga yang murni 100% gratisan.

Seperti pada situs blog Mimin ini SampinganOnline.com, Mimin menggunakan layanan hosting blog gratisan miliki Google yakni blogger.com (ralat: sekarang sudah migrasi ke WordPress), dan Mimin tidak perlu membayar kepada Google.

Tapi yang Mimin bayarkan adalah biaya sewa nama domain SampinganOnline.com yang Mimin harus bayarkan sekitar Rp130 sampai Rp150 ribuan per tahun.

Adapun untuk blogger pemula yang baru mau belajar menulis bisa menggunakan yang full gratisan dengan menggunakan subdomain seperti misalnya SampingaOnline.blogspot.com.

Dan dari blog yang sudah kita buat tersebut, kita bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense dengan menayangkan berbagai iklan dan monetisasi yang disediakannya.

Berapa penghasilan uang dari kerja menjadi blogger? Sangat bergantung pada jenis tema tulisan dan seberapa banyak pengunjung pada blog tersebut.

3. Menjadi YouTuber atau vlogger Facebook

Mimin yakin, hampir semua orang yang sedang membaca tulisan artikel Mimin ini sudah pernah mendengar bahwa dengan jadi YouTuber bisa menjadi kaya dan memiliki gaji yang bahkan jauh lebih besar dari gaji dokter.

Meskipun sebenarnya belum terlalu paham mengenai cara kerja dan bagaimana menjadi YouTuber agar mendapatkan gaji yang besar.

YouTube merupakan situs layanan video streaming kepunyaan raksasa internet Google yang mana juga menyediakan Program Mitra YouTube yang memungkinkan pengguna YouTube (vlogger) yang suka vlogging dan sudah memiliki channel bisa mendapatkan penghasilan.

Namun agar dapat menjadi mitra YouTube resmi dan bergabung dengan Google Adsense, YouTube memberikan persyaratan setiap Channel harus minimal sudah memiliki 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir dan 1.000 jumlah subscriber.

Sedangkan untuk vlogger Facebook cara kerjanya juga sama meskipun terdapat perbedaan dalam hal persyaratan pendaftaran.

4. Menjadi logo designer

Cara bisnis online tanpa modal yang selanjutnya adalah dengan menjadi desainer logo, dan buat kamu yang suka bidang desain grafis, kamu bisa membuat logo dan menjualnya secara online.

Dan kamu tidak perlu susah-susah untuk mencari pembeli dan menawarkan logo yang sudah kamu buat tersebut agar laku terjual karena sudah ada situs yang siap melakukannya.

Jadi yang perlu kamu lakukan adalah mendesain atau membuat logo, kemudian mengunggahnya ke situs jual beli logo terpercaya, dan situs tersebutlah yang akan menjualkan logo kamu tersebut.

Dan ketika logo kamu sudah terjual yang biasanya dibanderol dengan harga puluhan, ratusan hingga ribuan dollar, dari harga uang tersebut akan diberikan kepada kamu dipotong biaya administrasi pemilik situs jual beli logo.

5. Gabung di program afiliasi

Apa yang harus dilakukan untuk jenis bisnis online tanpa modal di program afiliasi ini? yang harus dilakukan adalah kita menjual produk milik orang lain dan ketika produk tersebut laku terjual kita akan mendapatkan komisi.

Pekerjaan afiliasi ini bisa dilakukan untuk yang sudah mempunyai website atau blog dan juga chaneel YouTube, tapi bisa juga dilakukan oleh orang yang tidak memiliki blog sama sekali.

Untuk yang tidak memiliki blog, teknik atau strategi promosi bisa dilakukan dengan cara menyebarkannya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan WhatsApp.

Beberapa situs affiliate platform terpercaya diantaranya adalah Involve Asia, Accestrade, Adsense Lazada, atau bisa langsung mendaftar ke marketplace besar seperti Shopee, Bukalapak, Blibli, dan lain-lain.

Silahkan baca:

Cara Daftar Lazada Affiliate.

Cara Daftar Shopee Affiliate.

6. Menjadi penulis lepas atau freelancer

Buat kamu yang hobi menulis dan belum mempunyai blog sendiri, atau ingin menulis tema lain yang berbeda, kamu bisa menulis artikel untuk dijual.

Harga artikel yang sudah kamu tulisa bisa bernilai puluhan ribu hingga ratusan ribu dan sangat bergantung pada kualitas artikel.

Terlebih untuk situs menulis artikel dibayar yang dikelola untuk situs luar negeri yang harus ditulis dengan bahasa inggris dan tidak boleh bahasa indonesia, biasanya harga per artikel dengan jumlah kata 900 sampai 1000 dihargai hingga jutaan.

Untuk freelancer atau kerja paruh waktu dapat melakukan pekerjaan jasa yang bisa disesuaikan dengan keahlian yang dimiliki masing-masing.

Seperti misalnya anda adalah seorang yang ahli edit gambar atau video, maka anda bisa mencari orang yang sedang membutuhkan jasa desain atau video editing.

Atau misalnya anda adalah seorang penerjemah bahasa inggris, anda bisa mencari orang atau perusahaan yang sedang membutuhkan jasa translator dari bahasa inggris ke bahasa indonesia ataupun sebaliknya.

Saat ini juga telah banyak tersedia situs freelancer terpercaya baik yang asli Indonesia maupun luar negeri yang

7. Bisnis jualan online di marketplace

Untuk bisa memulai usaha jualan online tidak perlu membuat toko online sendiri dengan hosting dan nama domain sendiri yang memerlukan biaya yang cukup besar.

Karena cara bisnis jualan online sekarang lebih mudah jika dibandingkan beberapa tahun silam dimana belum banyaknya tersedia marketplace besar seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli atau yang lainnya.

Keuntungan jualan online menggunakan marketplace seperti Shopee misalnya, penjual bisa dengan mudah dipercaya oleh pembeli karena pengelola marketplace (pihak Shopee) akan menjamin dana atau uang yang sudah dibayarkan tetap aman sampai produk yang dipesan sudah diterima oleh pembeli.

Yang perlu dilakukan penjual adalah mempersiapkan produk yang akan di jual dalam kondisi baik, cek produk dan packing dengan rapih dan aman, kemudian dikirimkan ke alamat tujuan pembeli.

Kualitas produk, kondisi packing dan waktu proses pengemasan serta pengiriman barang merupakan hal-hal yang harus selalu diperhatikan oleh penjual online agar pembeli puas dan mau untuk memberikan rate bintang 5 serta review positif yang akan sangat berdampak pada kemajuan toko online sedang dikelola.

Adapun untuk memilih jenis barang apa yang harus dijual, bisa dipilih dan disesuaikan dengan budget serta dengan minat anda.

Seperti misalnya anda menyukai hal-hal yang berkaitan dengan olahraga, maka anda bisa menjual aneka produk dan aksesoris olahraga seperti sepatu lari, sepatu futsal, celana olahraga, dan lain-lain.

Dan untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan, anda bisa membeli produk-produk tersebut secara grosir dengan harga yang jauh lebih murah dan kemudian memajang di toko tempat jualan online anda.

Jualan online tanpa modal apakah bisa?

Bisa, namanya adalah bisnis online model dropship dan anda menjadi dropshipper. Hal ini memang bisa anda lakukan tanpa perlu memerlukan modal sama sekali dan gratis karena tanpa perlu stok barang juga.

Bisnis dropship haram dalam Islam?

Ada perbedaan dalam beberapa ulama terkait boleh dan tidaknya atau halal dan haramnya bisnis model drop-shipping ini. Ada yang membolehkan, dan ada juga yang melarangnya dengan alasan tidak boleh menjual barang yang belum menjadi miliknya.

Namun bagi ulama yang membolehkan jual beli sistem droship ini, dropship adalah sistem jual beli yang memang sebenarnya sudah ada dalam aturan agama Islam yakni Akad Salam. Dan akad salam atau  yang disebut juga akad salaf adalah jual beli yang didasari dari deskripsi barang yang belum berupa yang nyata, dengan pembayaran di awal.

Dan sebagai ganti dari program dropship, kamu bisa mendaftar di program afiliasi saja, yang mana yang kamu lakukan hanya share link produk dan kamu akan dibayar ketika produk tersebut ada yang beli.

Penutup:

Ketujuh cara bisnis online tanpa modal terbaru diatas bisa dilakukan oleh pelajar, mahasiswa dan juga kalangan umum, akan tetapi bukanlah jalan instan untuk menjadi kaya raya karena masih membutuhkan semangat belajar dan juga ketekunan yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *