Bahaya Menambang Bitcoin Di Internet

. . .
dampak_menambang_bitcoin_dapat_malware_spyware
Pernahkan anda menambang bitcoin dengan cara gratis? saat menanmbang bitcoin apakah anda mendapatkan bonus berupa adware dan beberapa varian dari spyware dan malware?Jika kita menyebut kata bitcoin pasti akan langsung terlintas di pikiran kita berupa uang yang banyak. Karena memang satu bitcoin saja sekarang bernilai Rp. 4.730.963 (harga saat artikel ini di tulis). Ini sangat menggiurkan bukan?


                                      Beberapa waktu lalu saya bergabung dengan website-website penyedia program-program untuk menambang bitcoin atau bitcoin mining dengan cara gratis tanpa modal sepeserpun. Karena terus terang saja saya memang sangat penasaran dengan program-program seperti ini,dan saya putus kan untuk ikutan mencobanya toh tidak pakai modal alias gratis. Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, dan hari demi hari saya masih terus bergabung dengan beberapa program ini. Sampai akhirnya setelah kira-kira satu mingguan saya memustuskan untuk berhenti karena memang program-program seperti tidak menghasilkan. Coba anda bayangkan setelah saya menjalaninya selama kurang lebih satu minggu saya hanya mendapatkan beberapa perak saja (tapi ini pengalaman saya pribadi yang memang sangat awam dalam hal ini). Mungkin akan sangat berbeda dengan orang yang memang sudah ahli dalam menjalani program ini. 

                                     Selain itu selama saya mengikuti program-program ini, saya juga menemukan beberapa keanehan dan kejanggalan di notebook saya. Tiba-tiba muncul banner-banner iklan dengan sendirinya di monitor notebook saya. Banner iklan yang berukuran cukup besar kira-kira panjangnya berukuran 400 pixel dan ini muncul dari sebelah kanan bawah layar, meskipun saya sedang tidak membuka web browser pun asalkan notebook ter koneksi dengan internet maka banner ini akan muncul. Yang lebih aneh lagi pada saat saya mengunjungi situs google translate selalu saja gagal. Dengan pesan error "We're sorry..
...but your computer or network may be sending automated queries. To protect our users, we can't process your request right now". Seperti gambar si bawah ini:

bahaya_adware_spyware_bitcoin_mining_gratis

                                     Dan ini bukan hanya terjadi satu kali saja, akan tetapi setiap kali saya membuka situs google translate selalu saja seperti ini. Saya baca petunjuk dari google bahwa mengapa terjadi seperti itu biasanya karena adanya adware atau pun spyware dan sejenisnya. Dan jika hal ini terjadi google sangat merekomendasikan agar kita men scan komputer kita dengan anti virus dan anti spyware. Kemudian saya scan notebook saya dengan anti virus yang memang sudah ter install di notebook saya (ESET Smart Security) dan hasilnya nihil. Anti virus saya  tidak mendeteksi apapun. Lalu saya lanjutkan pencarian saya dan akhirnya pilihan saya jatuh pada anti malware dan anti spyware besutan malwarebytes. Saya install yang versi tryalnya dan hasilnya wow sangat mengesankan (very impressive). Malwarebytes berhasil mendeteksi 9 malware, dan anda bisa melihatnya pada screenshot di artikel ini.

                                     Setelah proses scanning selesai dan semua malware telah di karantina, semua banner-banner iklan yang tadinya sering muncul tiba-tiba seperti hantu sekarang telah lenyap dan tidak ada.Kemudian saya coba buka situs google translate dan hasilnya pun bisa. Tapi keanehan pun muncul kembali, setelah notebook saya buka lagi setelah sekitar beberapa jam. Ternyata terjadi gagal lagi setiap saya membuka situs google translate. Saya baca, dan baca lagi petunjuk dari google lalu saya mencoba dengan menggunakan trend micro hijack this. Yaitu suatu program yang bisa mencari dan mendeteksi registry yang mungkin sudah di edit oleh program jahat malware. Hijack this ini sangat kecil ukurannya file nya hanya berkisar 400 KB, dan tidak perlu di install karena cara penggunaannya hanya dengan klik dan langsung scan. Setelah hasil scan registry muncul, kita tinggal pilih nama registry yang memang tidak ada dalam aplikasi yang sudah kita install di komputer kita kemudian pilih delete. Dengan catatan "harus benar-benar yakin bahwa registry yang mau kita delete namanya tidak ada sama sekali dengan salah satu nama pada aplikasi yang sudah terinstall di komputer kita". Demikian bahaya bitcoin mining atau menambang bitcoin gratis di internet untuk komputer atau laptop kita. Sekian dan terima kasih.

.


Artikel terkait:

2 komentar:

  1. Jasa layanan penukaran bitcoin dan litecoin dengan fee terendah dan proses yang cepat
    dengan menggunakan Exchager unichange.me yang cepat dan terpercaya
    diantaranya :
    BTC-e USD code to FasaPay ----► 0%
    Bitcoin to FasaPay ----► 0%
    Perfect Money to FasaPay ----► 0.5%
    OkPay ke Fasapay ----► 0,9 %
    dan masih banyak lagi
    kunjungi website kami dan temukan banyak keuntungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas info penukaran bitcoin dan litecoinnya

      Hapus